32 Kelurahan di Mataram Bebas BAB Sembarang

share on:
MCM Umum atasi BAB sembarang - IST
Ilustrasi MCK umum atasi BAB sembarang – ISTB

Mataram, Jubi – Dinas Kesehatan Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), mencatat hingga saat ini 32 kelurahan dari 50 kelurahan yang ada di kota itu dinyatakan bebas buang air besar sembarangan atau ODF (Open Defecation Free).

“Jumlah tersebut meningkat dibanding 2013 yang hanya 26 kelurahan dari 50 kelurahan yang ada,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram, dr H. Usman Hadi di Mataram, Senin (22/8/2016).

Namun demikian, katanya, sebanyak 32 kelurahan yang sudah bebas ODF itu tersebar di enam kecamatan, sehingga Kota Mataram belum mampu menciptakan kecamatan bebas ODF.

“Yang bisa kita canangkan hanya kelurahan bebas ODF, sementara kecamatan bebas ODF belum bisa kita canangkan karena dari enam kecamatan itu masih ada kelurahan yang belum bebas ODF,” katanya.

Ia mengatakan, bebas dari buang air besar sembarangan penting untuk dilakukan agar memastikan perubahan perilaku masyarakat, apalagi di masyarakat kota.

“Kelurahan-kelurahan yang belum bebas ODF, sebagian besar wilayah pinggir sungai dan pesisir pantai,” kata Usman menyebutkan.

Terkait dengan itu, Dinas Kesehatan Kota Mataram terus berupaya melakukan sosialisasi tentang prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) lebih maksimal terhadap masyarakat yang berada di kawasan pinggir sungai dan pesisir.

Bahkan, pihaknya juga membangun program sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) sebagai salah satu program mendorong masyarakat membuat sanitasi atau mandi, cuci, kakus (MCK) komunal berdasarkan keingian dan kebutuhan warga setempat.

“Jika masyarakat sudah ada kemauan untuk membangun STBM, kita tinggal memberikan dana stimulan dan masyarakat bertanggung jawab dalam mengelolanya,” katanya.

Program tersebut sebagai bahan evaluasi program sebelumnya, dimana pemerintah mencari lahan kosong untuk membangunkan warga MCK komunal.

“Akan tetapi setelah MCK jadi, MCK juga kadang jarang termanfaatkaan bahkan pengelolaannyapun tidak ada sehingga MCK terkesan terbengkalai,” ujarnya.(*)

Editor : Zely Ariane
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  32 Kelurahan di Mataram Bebas BAB Sembarang