Ada Apa, Hampir Setiap Hari Ada Korban Lakalantas?

share on:
Legislator Papua, Lurenzus Kadepa - Jubi/Arjuna
Legislator Papua, Lurenzus Kadepa – Jubi/Arjuna

Jayapura, Jubi – Legislator Papua, Laurenzus Kadepa menyatakan prihatin lantaran hampir setiap hari, diberbagai media ada korban yang meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas (lakalantas)

Ia mengatakan, polisi harus bisa mengungkap setiap motif dibalik lakalantas. Apakah murni kecelakaan ataukan ada hal lai yang menyebabkan. Ia ingin Polda segera memastikan apakah ini motifnya murni lakalantas atau ada motif lain.

“Siapa yang bertanggungjawab. Sejak meninggalnya Robert Jitmau yang disebut polisi karena lakalantas, disusul, Owan Pekei di Nabire, kemudian anggota KPUD Paniai, Waynand Sahetapi dan yang terbaru adalah siswa SMA di Mimika. Ini yang saya tahu. Masih banyak lagi korban lakalantas lainnya,” kata Kadepa kepada Jubi, Senin (22/8/2016).

Menurutnya, yang menjadi pertanyaan, kebanyakan korban lakalantas adalah orang asli Papua. Ia menyatakan sedih melihat kondisi itu. Untuk itu Polda Papua Papua dan jajarannya perlu memastikan berbagai kasus lakalantas selama ini apakah murni atau ada penyebab lain.

“Ini demi citra polisi di masyarakat. Kalau memang murni lakalantas sampaikan kepada masyarakat. Jangan ada yang ditutup-tutupi. Hampir setiap hari ada pemberitaan mengenai lakalantas,” ucapnya.

Selain itu kata anggota Komisi I DPR Papua bidang Politik, Hukum dan HAM tersebut, polisi perlu intens mensosialisasikan fungsi rambu-rambu jalan. Tak dipungkiri, masih banyak masyarakat yang tak paham akan hal tersebut.

“Kepolisian harusnya rutin mensosialisasikan rambu-rambu lalu lintas. Ini sebagai salah satu upaya meminimalisir lakalantas,” katanya.

Direktorat Lalu Lintas Polda Papua menyatakan, lakalantas kebanyakan disebabkan kelalaian pengendara. Kepolisian setempat mencatat, 2015 lalu 1385 kasus, 285 kasus menyebabkan meninggal dunia, 676 korban luka berat dan 1596 kasus luka ringan.

“Korban mayoritas usia produktif. Namun jumlah itu masih saja bisa bertambah lantaran tak semua kasus lakalantas dilaporkan ke polisi,” kata Wakil Direktur Direktorat Lalu Lintas Polda Papua, AKBP H.R Situmeang. (*)

Editor : Kyoshi Rasiey
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Ada Apa, Hampir Setiap Hari Ada Korban Lakalantas?