Hadapi MEA, Legislator Usulkan English Day di Sekolah

share on:
Legislator Papua, Natan Pahabol - Jubi/Doc
Legislator Papua, Natan Pahabol – Jubi/Doc

Jayapura, Jubi – Menghadapi persaingan di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), legislator Papua, Natan Pahabol mengusulkan diberlakukannya “English Day” di sekolah.

Anggota Komisi V DPR Papua bidang pendidikan itu mengatakan, penerapan “english day” di sekolah diperlukan karena Bahasa Inggris adalah bahasa internasional, apalagi di era MEA. Masyarakat internasional akan lebih cenderung menggunakan bahasa Inggris.

“Penerapan english day minimal sehari dalam sepekan pada hari tertentu, memang perlu dilakukan bertahap, namun dengan begitu siswa-siswi akan terbiasa, minimal ada langkah awal,” katanya Senin (22/8/2016).

Menurutnya, tak hanya diera MEA, english day perlu diterapkan lantaran kini Pemerintah Provinsi Papua gencar mengirimkan mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri.

“Bagaimana anak-anak Papua bisa melanjutkan pendidikan di luar negeri kalau tidak fasih berbahasa Inggris, jadi sejak dini mereka harus dipersiapkan, kita berpikir jangka panjang,” ucapnya.

Jika english day sudah diberlakukan, katanya, untuk mendukung hal tersebut Pemprov Papua perlu mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub). Jika tidak, aturannya bisa diterbitkan pemerintah kabupaten dan kota.

“Kalau sudah ada aturan, semisal pergub, peraturan wali kota atau peraturan daerah, pihak sekolah mau tak mau harus mematuhi itu, mulai kini kita sudah harus bisa membuat berbagai terobosan dalam dunia pendidikan di Papua,” katanya.

Seorang mahasiswa perguruan tinggi di Kota Jayapura, Nikson Alius mengatakan, penerapan english day memang perlu dipertimbangkan.

“Saya pikir itu usul yang baik, tak ada salahnya, kita di Papua tak bisa diam begitu saja, perlu berbagai cara agar dunia pendidikan Papua bisa bersaing dengan wilayah lain,” kata Nikson kepada Jubi.

Menurutnya, selama ini dunis pendidikan Papua kurang kreatif. Saatnya Dinas Pendidikan memikirkan berbagai terobosan agar pelajar Papua sejak dini mengenal bahasa Inggris. (*)

Editor : Syofiardi
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Hadapi MEA, Legislator Usulkan English Day di Sekolah