Kadisdukcapil Minahasa: Pengurusan Administrasi Kependudukan Gratis

share on:
Layanan kependudukan itu gratis - IST
Layanan kependudukan itu gratis – IST

Minahasa Tenggara, Jubi – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Minahasa Tenggara, David Lalandos, menegaskan pengurusan administrasi kependudukan tidak dikenakan pungutan.

“Saya tegaskan, untuk setiap pengurusan administrasi kependudukan itu tidak ada pungutan, atau gratis,” kata David di Ratahan, Senin (22/8/2016).

Dia menjelaskan ada sejumlah laporan dari masyarakat terkait oknum yang memungut imbalan mengurus administrasi kependudukan, telah disampaikan ke pihaknya.

“Kami sudah mendengar hal tersebut, makanya kita meminta masyarakat jangan percaya, dan langsung saja mengurus ke kantor dinas,” kata David.

Lebih lanjut David menegaskan, bagi oknum-oknum yang sengaja memungut uang untuk melakukan pengurusan administrasi kependudukan akan dikenakan sanksi pidana.

“Akan ada sanksi pidana bagi yang memungut uang untuk pengurusan administrasi kependudukan,” tegasnya.

Hal tersebut, menurut David, diatur dalam UU 24 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Undang Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan. Ancaman hukuman maksimal 6 tahun dan denda Rp75 juta.

“Jadi sanksinya jelas. Bahkan kita tak segan-segan melaporkan siapa saja yang melakukan praktik tersebut,” kata David. (*)

Editor : Zely Ariane
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kadisdukcapil Minahasa: Pengurusan Administrasi Kependudukan Gratis