Aloysius Giyai Letakkan Batu Pertama RSUD Pratama Ekimani

share on:
Kadis Kesehatan Propinsi Papua, Aloysius Giyai, meletakkan batu pertama RSUD Pratama di Ekimani – JUBI/Agus Tebai
Kadis Kesehatan Propinsi Papua, Aloysius Giyai, meletakkan batu pertama RSUD Pratama di Ekimani – JUBI/Agus Tebai

Dogiyai, Jubi – Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Papua, drg. Aloysius Giyai, meletakan batu pertama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pratama di Odekomo, Kampung Ekimani, Distrik Kamuu Utara, Dogiyai, Senin (22/08/16).

Aloysius mengatakan sebelumnya sudah dilakukan peletakan batu pertama di beberapa daerah, seperti di Yalimo, Puncak, Nduga dan Intan Jaya. “Setelah itu, saya juga sudah komitmen di Dogiyai harus ada RSUD, maka hari ini kita lakukan peletakan batu pertama ditempat ini. Saya mau mulai akhir 2017 pembangunan RSUD sudah  selesai dan saya sudah resmikan. Itu komitmen saya,” katanya.

Menurut dia, khusus untuk anggaran  pembangunan RSUD ini sumber dananya dari Propinsi dan  sekitar Rp23 Miliar sudah dikirimkan ke pemerintah daerah.

“Terimakasih juga kepada pemda sudah anggarkan 3 setengah miliar untuk pembebasan tanah. Ini sangat bagus,”ujarnya.

Dari Rp32 miliar itu, pihaknya  sudah teken di Kementerian Kesehatan sekitar Rp2 milyar untuk pembelian perlengkapan peralatan kesehatan, sedangkan Rp21 miliar untuk pekerjaan pembangunan tahap pertama.

“Jadi, itu semua komitmen saya. Tadi pagi saya sudah kunjungi di RSUD Enarotali, RSUD Paniai Pratama dari Tipe C akan naik lagi menjadi rujukan regional Meepago tipe B,” katanya.

Dia juga menambahkan, Dogiyai dan Deiyai masih kurang perhatian pemerintah daerah. Terus di Dinas juga tidak kerjasama baik, untuk itu harus kerja dengan maksimal.

“Saya berjuang ini agar Dogiyai ada RSUD. Bangun sungguh – sungguh dengan hati dan kerja. Orang sakit datang untuk sembuh bukan tambah sakit,” tambahnya lagi.

Dia juga meminta kepada tim pengawas, kepala dan sekretaris dinas dan konsultan agar bergantian jaga 24 jam untuk mengontrol berjalannya pembangunan RSUD.

“Harus bangun itu dengan rasa memiliki. Kerja maksimal dan bangun betul-betul. Saya yakin akhir tahun 2017 sudah bisa diresmikan,” ujar dia.

Asisten I Setda Dogiyai, Anthon Iyowau, dalam sambutannya mengaku kehadiran RSUD di Dogiyai ini, sebagai hal yang baik dalam hal pelayanan kepada masyarakat.

Kehadiran RSUD juga, kata dia,  untuk mempermudah akses pelayanan masyarakat dan memberikan perlindungan kesehatan kepada masyarakat.

“Setelah peletakan batu pertama, kontraktor diharapkan segera bekerja,” katanya. (Agus Tebai)

Editor : Zely Ariane
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Aloysius Giyai Letakkan Batu Pertama RSUD Pratama Ekimani