Direktur SKP Kame: ‘ Kami Bukan Anti Kelapa Sawit’

share on:
Direktur SKP Kame Merauke, Pastor Anselmus Amo, MSC. Jubi/Frans L Kobun
Direktur SKP Kame Merauke, Pastor Anselmus Amo, MSC. Jubi/Frans L Kobun

Merauke, Jubi- Direktur Sekretaris Keadilan dan Perdamaian (SKP)  Keuskupan Agung Merauke (Kame), Pastor Anselmus Amo, MSC menegaskan, pihaknya sama sekali tidak anti dengan kelapa sawit maupun para investor yang berniat melakukan kegiatan investasi di Kabupaten Merauke.

“Kami hanya sebatas membantu dan menolong sekaligus mendampingi masyarakat di Distrik Muting yang nota bene adalah sebagai pemilik hak ulayat. Karena mereka sendiri tak menginginkan hutannya digusur untuk investasi kelapa sawit,” tegas Pastor Anselmus kepada Jubi di kantornya Selasa (23/8/2016).

Lebih lanjut Pastor Ansemus menjelaskan, pihaknya juga tak melakukan provokasi kepada masyarakat pemilik hak ulayat. Itu semata-mata karena apa yang menjadi keinginan mereka agar hutannya tak  ‘diobrak-abrik.’

Dikatakan lagi, beberapa waktu lalu, ia telah bertemu Lenis Kogoya,  Staf Khusus Presiden RI, Jokowi  dan menyerahkan surat masyarakat terkait penolakan investasi kelapa sawit. Hanya saja, hingga sekarang, belum ada tanggapan  Presiden Jokowi.

Namun demikian,  lanjut Pastor, utusan dari Komnas Hak Asasi Manusia (HAM) sudah menemui masyarakat di Disrtik Muting dan berdialog secara langsung. Bahkan, meninjau lokasi yang diincar perusahaan tersebut.

“Kita berharap agar Komnas HAM dapat meneruskan aksi penolakan masyarakat ke tingkat pusat. Sekaligus bisa ditindaklanjuti, karena itu adalah murni keinginan mereka yang adalah pemilik hak ulayat,” tuturnya.

Bupati Merauke, Frederikus Gebze beberapa waktu lalu meminta agar setiap kegiatan investasi yang dilakukan, harus memberikan perhatian kepada masyarakat yang nota bene pemilik hak ulayat.

“Masyarakat adalah empunya negeri ini. Sehingga ketika ada investor masuk  melakukan suatu kegiatan, harus memberikan perhatian serius kepada mereka,” pintanya. (*)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Direktur SKP Kame: ‘ Kami Bukan Anti Kelapa Sawit’