Enos Rumansara: Saatnya Anak Muda Papua Bangkitkan Semangat Mambesak

share on:
Enos Rumansara dalam Pembukaan Konser Musik Nyanyian Merdu Negeri Papua, Senin (22/8/2016) - JUBI/Hengky Yeimo
Enos Rumansara dalam Pembukaan Konser Musik Nyanyian Merdu Negeri Papua, Senin (22/8/2016) – JUBI/Hengky Yeimo

Jayapura, Jubi – Antropolog Papua, Enos Rumansara, merasa bangga bahwa Kampus Universitas Cenderawasih telah dijadikan tempat bagi anak-anak muda mahasiswa untuk bangkitkan semangat Mambesak.

Membuka acara konser Musik Etnik Papua yang diselenggarakan oleh AMPTPI dan BEM Uncen, Senin (22/8/2016), Enos menerangkan bahwa acara konser budaya seperti ini adalah salah satu medium membangkitkan identitas Papua.

“Konser seperti beginilah salah satu cara membangkitkan Identitas kita. Sebab apabila kita sendiri tidak perhatikan, nanti orang akan bertanya ‘orang Papua itu yang mana’?” ujarnya.

Dia bahkan menyarankan kegiatan konser musik etnik Papua bisa digelar setidaknya dua bulan sekali.

Enos juga menggarisbawahi semangat Mambesak bagi generasi Papua.

“Spirit Mambesak itu adalah ‘Menyanyi untuk Hidup Dulu, Kini dan Nanti. Filosofi yang ada dibalik itu adalah, ‘Dulu kami Papua, sekarang kami Papua dan sampai kapan pun, kami tetap Papua,” tegas Enos.

Dia berpesan jangan sampai arus globalisasi mengikis budaya sendiri, agar orang tidak bilang orang Papua tidak punya jati diri.

“Kita tahu bahwa musik ini harus diangkat. Sebab selain kita mengangkat kajian-kajian Antropologi tetapi kegiatan seperti ini memberi warna pada Antrpologi yang menjaga kampus harus tetap hidup,” kata  dia.

Di tempat yang sama vokalis Eyuser, Feri Marisan, mengatakan agar ruang seperti ini harus diciptakan untuk mengugah hati anak-anak Papua.

“Kita akan mengembangkan musik ini. Sebab musik ini milik kita dan tidak hanya dari pesisir, tetapi nyanyian ini dinyanyikan oleh Mambesak dari semua bahasa yang ada di Papua,” kata Feri Marisan.

Dirinya berharap agar, semangat orang muda tidak hanya akan berakhir di acara tersebut tetapi, dapat terus jadi spirit untuk diingat oleh generasi muda kini dan yang akan datang.(*)

Editor : Zely Ariane
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Enos Rumansara: Saatnya Anak Muda Papua Bangkitkan Semangat Mambesak