Harga Sembako Tinggi, Harga Ikan di Sorong Ikut Melambung

share on:
Pedagan sedang menjual ikan di Pasar Ikan Jembatan Puri (Jempur) Kelademak Kota Sorong - Jubi/Niko
Pedagan sedang menjual ikan di Pasar Ikan Jembatan Puri (Jempur) Kelademak Kota Sorong – Jubi/Niko

Sorong, Jubi – Meski hasil tangkapan ikan Nelayan Kota Sorong melimpah, namun harga ikan di Pasar Ikan Jembatan Puri (Jempur) Kelademak kota Sorong terus melambung tinggi.

Menurut Felix seorang nelayan di Pasar Jempur Sorong, tingginya harga ikan ini diakibatkan tingginya harga sembilan bahan pokok di Kota Sorong yang belum turun sejak bulan puasa lalu.

“Kalau ikan kita jual murah, bagaimana bisa mencukupi untuk membeli kebutuhan lainnya yang masih mahal,” ujar Felix seorang nelayan saat ditemui di Pasar Jempur Sorong, Selasa (23/8/2016).

Dari pantauan koran ini di Pasar Jempur, harga jual ikan yang paling banyak diminati karena harganya terbilang cukup terjangkau adalah jenis Ikan Make dan Ikan Perak yang dijual dengan harga kisaran Rp 10.000, hingga Rp 20.000 perkantong plastik kecil.

Sedangkan untuk jenis ikan lainnya seperti Cumi segar Rp 100.000,/kg, Cumi Es Rp 70.000,/kg, Ikan Merah Segar ukuran besar Rp 300.000,/4kg, ikan merah Es ukuran sedang Rp 150.000,/Kg, ikan Tola ukuran besar 70.000,/2kg, Ikan momar Rp 20.000, ukuran setengah kantong plastik kecil.

Harga jual ikan di pasar ikan Jempur bakal bisa lebih tinggi apabila dipasarkan kembali siang harinya di Pasar Induk kota Sorong.

Terkait wacana kenaikan harga rokok, seorang nelayan lainnya Tutur Maaruf mengatakan jika harga rokok naik, kemungkinan akan berdampak pula pada harga ikan.

“Hampir semua nelayan di laut mengkonsumsi rokok, kalau di jual dengan harga di atas Rp 50.000, tentunya perbekalan kami melaut juga bertambah dan tidak menutup kemungkinan harga jual ikan akan ikut menggila,” ujarnya. (*) 

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Harga Sembako Tinggi, Harga Ikan di Sorong Ikut Melambung