Isteri PM Jepang Diam-diam Kunjungi Pearl Harbor

share on:

Tokyo, Jubi – Trauma dan penyesalan akibat perang bisa bertahan puluhan atau bahkan ratusan tahun lamanya. 

Akie Abe tengah berziarah di depan memorial para korban perang Jepang di Pearl Harbor/japantimes.co.jp
Akie Abe tengah berziarah di depan memorial para korban perang Jepang di Pearl Harbor/japantimes.co.jp

Seperti juga dialami Ibu Negara Jepang Akie Abe yang diam-diam melakukan kunjungan tidak resmi ke Pearl Harbor untuk memberi penghormatan bagi warga Amerika korban serangan Jepang di pangkalan Angkatan Laut di Hawaii itu pada 7 Desember 1941.

Tindakan Akie Abe itu merupakan pertamakali bagi seorang isteri perdana menteri mengunjungi Pearl Harbor seorang diri.

Hal itu diketahui semua pihak, namun disangkal sebagai sikap resmi pemerintah Jepang. Kepala sekretaris kabinet Jepang Yoshihide Suga pada Minggu mengatakan bahwa Ibu Negara melakukan kunjungan pribadi dan perseorangan, bukan menjadi isyarat bahwa Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe akan mengunjungi Pearl Harbor.

Mei lalu, Barack Obama menjadi presiden Amerika Serikat pertama mengunjungi Hiroshima, salah satu dari dua kota dijatuhi bom atom oleh AS pada 1945. Sejak kunjungan Obama itu merebak spekulasi yang mempertanyakan apakah Abe akan mengunjungi Pearl Harbor.

Akie Abe memasang foto-foto di Facebook dan menulis bahwa ia mengunjungi taman kenangan Arizona serta meletakkan bunga dan berdoa.

Lebih dari 1.100 pelaut dan marinir terbunuh di atas kapal USS Arizona dalam serangan oleh Jepang. Kapal perang yang tenggelam di pelabuhan Pearl Harbor, di Honolulu itu menjadi tempat peristirahatan terakhir hampir bagi mereka semua.

“Selama bertahun-tahun saya mempunyai kesempatan untuk merenungkan (PDII) dan merasakan dorongan yang kuat untuk mengunjungi tempat itu, paling tidak sekali dalam hidup saya,” kata Akie Abe.

Katina Adams, seorang perempuan juru bicara bagi Kementerian Luar Negeri AS untuk biro Urusan Asia Timur dan Pasifik, mengaku mengetahui kunjungan itu. Namun, dia menolak berkomentar lebih lanjut. (*)

Editor : Lina Nursanty
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Isteri PM Jepang Diam-diam Kunjungi Pearl Harbor