Kepala BNPB: Pencegahan Karhutla Harus Didukung Semua Pihak

share on:
Ilustrasi - bijaks.net
Ilustrasi – bijaks.net

Pontianak, Jubi – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Willem Rampangilie, mengatakan upaya pencegahan dan pemadaman Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) harus dilakukan dan didukung oleh semua pihak.

“Selain itu, harus dengan upaya pendekatan penuh, dan tidak mungkin dilakukan oleh pemerintah saja, harus didukung semua komponen masyarakat, termasuk di dalamnya TNI dan Polri,” kata Willem Rampangilie di Sungai Raya, Selasa (23/8/2016).

Willem mengatakan dirinya sudah berbicara langsung dengan Gubernur Kalbar, Cornelis, dan instansi terkait lainnya, agar ke depan upaya pencegahan Karhutla dilakukan seefektif mungkin dan dapat dipercaya oleh masyarakat.

“Kami akan menyatukan kembali, semua instansi terkait dalam mengefektifkan pencegahan Karhutla di Kalbar dan Indonesia umumnya,” ungkapnya.

Menurut dia, upaya pencegahan terus dilakukan BNPB dan instansi terkait lainnya, tetapi titik api memang tidak bisa dicegah total, karena memang sudah gejala alam, tetapi minimal bisa ditekan.

“Oleh karena itu, saat ini kami sudah mendirikan Posko dan satuan tugas lainnya dalam pencegahan dan penanganan Karhutla di Kalbar,” kata Willem.

Untuk mencegah sedini mungkin Karhutla, pihaknya sudah melakukan beberapa langkah, diantaranya meningkatkan patroli, memperkuat upaya sosialisasi kepada masyarakat. Dan apabila terjadi kebakaran, maka akan dilakukan pemadaman secepat-cepatnya.(*)

Editor : Zely Ariane
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kepala BNPB: Pencegahan Karhutla Harus Didukung Semua Pihak