Pemilik Lahan Akan Temui Momis Bahas Saham Rio Tinto

share on:

Bougainville, Jubi – Para pemilik lahan di sekitar pertambangan Panguna di Bougainville pusat akan bertemu pemimpin pemerintah daerah Bougainville, John Momis pada Jumat (26/8/2016) untuk membahas pembagian saham dari perusahaan tambang asal Australia, Rio Tinto.

Wilayah Bougainville/bogotours.com
Wilayah Bougainville/bogotours.com

Rio Tinto telah menyerahkan saham-sahamnya kepada pengurus pertambangan Panguna, Bougainville Copper Ltd (BCL).

Bagian terbesar telah beralih ke Pemerintahan Otonom Bougainville (ABG) dan sebagian ke Pemerintahan Papua Nugini meski Perdana Menteri Peter O’Neill mencetuskan kontroversi karena memberikan kembali ke para pemilik lahan di Panguna.

Telah terjadi perang kata-kata di antara para pemimpin politik namun ketua kelompok kepemilikan Arawa/Siokatei/Loloho, Therese Jaintong mengatakan bahwa para pemilik lahan masih membahas mengenai isu saham ini.

“Bagi saya, saya sangat ingin melihat dan ingin meminta para pemilik lahan dan pemerintahan PNG dan ABG untuk sungguh-sungguh membahas bersama, namun hal yang terbaik adalah kita akan mengadakan pertemuan dengan Momis pada 26 Agustus di Buka. Jadi, kita akan memfasilitasi para pemilik lahan untuk berbicara dengan Momis dan saya kira akan membujuknya untuk berpihak kepada kita. Saya belum tahu pasti,” ujarnya.

Moris mengatakan proses perdamaian terancam batal dan pemerintahannya dapat menarik izin eksplorasi BCL sehingga akan membuat pembagian saham tidak lagi bernilai.

Perdana Menteri PNG, Peter O’Neill mengatakan bahwa Momis telah mencoba untuk memanipulasi proses perdamaian demi pemenangan politik dan telah memperingatkannya jangan bermain politik di atas pembagian saham.

Perang kata-kata antara O’Neill dan Momis telah menghiasi media beberapa pekan terakhir sejak kepergian Rio Tinto setelah kontrak tambang tembaganya berakhir di wilayah Panguna, Bougainville. Aktivitas tambang yang telah berlangsung puluhan tahun itu meninggalkan kerusakan lingkungan di sekitar suku-suku asli bertempat tinggal. (*)

 

Editor : Lina Nursanty
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pemilik Lahan Akan Temui Momis Bahas Saham Rio Tinto