Penumpang Keluhkan Kondisi dan Fasilitas Bus

share on:
Bus penumpang Tujuan Keerom saat menunggu penumpang di Pasar Youtefa. – Jubi/ Agus Pabika
Bus penumpang Tujuan Keerom saat menunggu penumpang di Pasar Youtefa. – Jubi/ Agus Pabika

Jayapura, Jubi – Bus penumpang yang beroperasi di rute Keerom-Pasar Youtefa dan Bandara Sentani-Abepura dan Jayapura Kota masih minim fasilitas. Hal itu terlihat di sejumlah bus yang parkir di Terminal Pasar Youtefa tujuan Keerom dan sekitarnya di Jayapura, Selasa (23/8/2016).

 

Apolos Hisage, penumpang tujuan Keerom mengatakan, kondisi bus dan fasilitas di dalamnya tergantung usia bus. Meski begitu seorang penumpang tetap membayar ongkos ke Keerom Rp25 ribu.

 

“Kenyamanan di dalam bus tergantung busnya, ada yang baik dan ada yang kurang baik, mulai dari kursi penumpang yang jelek dan kaca jendela yang tidak ada,” katanya.

 

Jadwal antrean bus jarak jauh yang terlalu lama di Terminal Youtefa juga seringkali dikeluhkan penumpang. Menurut Apolos, ini menyebabkan banyak penumpang, seperti pegawai kantor dan pelajar, memilih menunggu bus yang siap berangkat di luar terminal atau naik taksi tembak. Namun ongkos taksi berbeda dari bus.

 

Apolos berharap beberapa bus yang beroperasi di Jayapura memiliki rute dan terminal yang jelas, sehingga memudahkan penumpang untuk memanfaatkan angkutan umum.(*)

 

Editor : Syofiardi
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Penumpang Keluhkan Kondisi dan Fasilitas Bus