PNG Persenjatai Polisi seperti Australia

share on:

Port Moresby, Jubi – Untuk menghadapi tindak kejahatan yang terus merajalela, angkatan kepolisian Papua Nugini akan menerbitkan standar persenjataan seperti halnya digunakan oleh Kepolisian Australia. 

Emblem kepolisian PNG/ seedstheatre.com
Emblem kepolisian PNG/ seedstheatre.coma

Hal itu dilakukan mengingat banyaknya serangan terhadap anggota polisi yang dilakukan oleh kelompok-kelompok kriminal bersenjata.

Komisaris Polisi Gari Baki mengatakan pihaknya telah meninjau ulang pasca meningkatknya kesadaran polisi terkait keselamatan mereka sehubungan tewasnya seorang petugas polisi di Alotau dan seorang petugas yang berhasil selamat dari usaha penembakan berkat ponselnya.

Komisaris mengatakan bahwa dalam sebuah pertemuan dengan pejabat kepolisian, seluruh senjata api yang tidak diperlukan termasuk senjata berdaya tinggi, satu dari empat puluh, telah diganti dan hanya sembilan tetap digunakan termasuk pistol.

Dia mengatakan hal ini dapat membuat petugas kepolisian lebih sigap menghadapi kejahatan tanpa mengancam nyawa publik termasuk dirinya sendiri.

Dia juga menambahkan bahwa rekrutmen pelatihan baru selama enam bulan akan diperpanjang menjadi 18 bulan supaya para polisi lebih baik lagi dalam berlatih dan sigap membongkar kejahatan.

Enam bulan untuk latihan dan selebihnya 12 bulan akan dilatih di wilayah-wilayah provinsi.

“Memang selalu ada resiko dalam dinas kepolisian, maka itu dalam undang-undang perlu diatur bagaimana menghadapi kejahatan dan pelatihan yang tepat bagi petugas kepolisian ketika mereka menghadapi kejahatan kriminal,” ujarnya.

Dia juga mengatakan bahwa resiko perlu diambil dengan segala pertimbangan ketika petugas menghadapi kejahatan.

Tugas kepolisian adalah berada di garda depan. Mempersejatai diri bukanlah isu utamanya, tapi ini soal pendekatan operasional bagaimana menghadapi aksi-aksi kejahatan.

Menurut Inspektur Komandan Kepolisian Endrew Tovere, banyak petugas polisi tidak dipersenjatai secara aman ketika menghadapi aksi-aksi kejahatan. (*)

Editor : Lina Nursanty
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PNG Persenjatai Polisi seperti Australia