Tidak Transparan, Tujuh KTNA Kecamatan di Aceh Tamiang Protes

share on:
Ilustrasi KTNA di wilayah Aceh Tamiang - IST
Ilustrasi KTNA di wilayah Aceh Tamiang – IST

Kualasimpang, Aceh, Jubi- Tujuh Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) kecamatan melakukan mosi tidak percaya kepada Ketua KTNA Kabupaten, Hendra Vramenia, yang dinilai tidak transparan dalam pengelolaan keuangan lembaga.

Sebagai bentuk mosi tidak percaya, Ketua KTNA kecamatan menyerahkan stempel organisasi kepada Badan Penyuluh (Bapeluh) Kabupaten Aceh Tamiang selaku Pembina, Senin (22/8/2016).

Penyerahan stempel dilakukan oleh Ketua KTNA Kecamatan Manyak Payed, Banda Mulia, Bendahara, Karang Baru, Sekerak, Kejuruan Muda dan KTNA Kecamatan Tamiang Hulu.

“Kita menyerahkan stempel organisasi ini karena Ketua KTNA Kabupaten Hendra Vramenia diduga tidak transparan dalam pengelolaan keuangan dan tidak pernah melakukan musyawarah dengan KTNA Kecamatan,” tegas Wayan, Ketua KTNA Kecamatan Manyak Payed.

Ia menyatakan, KTNA Kabupaten Aceh Tamiang pada tahun 2015 mendapat suntikan dana kisaran Rp231 juta dan tahun 2016 juga memperoleh dana dari Pemkab, tetapi realisasi dari anggaran yang diberikan kepada KTNA Kabupaten ini tidak pernah diketahui oleh KTNA Kecamatan.

Wayan menegaskan, agar dapat dilaksanakan Musyawarah Luar Biasa (Muslub), yang sebelumnya pernah disampaikan ditolak oleh Ketua KTNA Kabupaten.

Sementara, Kepala Bapeluh Kabupaten Aceh Tamiang, Safwan, membenarkan bahwa sejumlah Ketua KTNA Kecamatan menyerahkan stempel kepada dirinya Jumat lalu.

“Mungkin dianggap Bapeluh lebih dekat dengan organisasi ini dan termasuk juga salah satu Pembina KTNA,” ujarnya.

Safwan menyatakan, permasalahan tersebut sudah disampaikan kepada Bupati Aceh Tamiang sebagai Ketua Pembina KTNA Kabupaten, bahkan Bupati menyarankan untuk menggelar pertemuan dengan beberapa dinas terkait lainnya seperti Dinas Pertanian, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Kehutanan yang juga termasuk sebagai Pembina.

“Ya, kita menunggu hasil rapat para pembina dan hasilnya nantinya diserahkan kepada Bupati,” katanya.(*)

Editor : Zely Ariane
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Tidak Transparan, Tujuh KTNA Kecamatan di Aceh Tamiang Protes