10 Provinsi Menyumbang 90% Investasi Indonesia, Dua Dintaranya Papua

share on:
Papua dan Papua Barat salah satu penyumbang investasi Indonesia.
Papua dan Papua Barat salah satu penyumbang investasi Indonesia -IST

Jakarta, Jubi – Papua dan Papua Barat, bersama 8 provinsi Indonesia lainnya menyumbang 90 persen dari total investasi yang ada di Indonesia.

Hal itu dikatakan oleh Ketua Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Thomas Lembong, seperti dilansir Antara, Selasa (23/8/2016).  Kedelapan provinsi lainnya adalah Jawa Barat, Sumatera Utara, Jawa Timur, Sumatera Selatan, Jakarta, Riau, Kepulauan Riau dan Kalimantan Timur.

Namun Thomas Lembong mengakui bahwa realisasi investasi mengalami hambatan akibat banyaknya investor yang membatalkan karena ruwetnya perijinan.

Karena itu, katanya, Presiden memerintahkan untuk mengumpulkan semua formulir yang tebal dan bikin frustasi investor hingga membatalkan rencananya.

Kapala BKPM mengungkapkan pada 2015 terjadi peningkatan realisasi investasi sebesar 17,8 persen dibanding tahun sebelumnya, namun tahun ini diperkirakan akan terjadi perlambatan laju pertumbuhan realisasi investasi sekitar 12-14 persen.

Kepala BKPM mengatakan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang sudah berjalan 1,5 tahun merupakan permulaan yang baik, dimana sudah ada 167 perizinan usaha yang didelegasikan kepada BKPM oleh 22 Kementerian/Lembaga, tapi masih ada 521 lagi yang di sektor di bawah daftar negatif investasi (DNI) dan 1573 yang di luar DNI.

“Kami juga lagi bicarakan mungkin sudah saatnya kita kerjakan bagian berikutnya apa izin lagi yang bisa didelegasikan atau dipindahkan dari kementerian ke bawah satu pintu,’ katanya.

Hal ini akan dilakukan menanggapi perintah Presiden Joko Widodo yang menginstruksikan Sekretaris Kabinet Pramono Anung untuk menginventarisasi Peraturan Menteri (Permen), Surat Ederan yang menghambat investasi.

“Sekarang Seskab diminta Bapak Presiden untuk menginventarisasi seluruh Permen, SE yang intinya adalah menghambat,” kata Pramono saat konferensi pers usai rapat terbatas membahas evaluasi kinerja dan pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) di Kantor Kepresidenan Jakarta, Selasa (23/8).(*)

Editor : Zely Ariane
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  10 Provinsi Menyumbang 90% Investasi Indonesia, Dua Dintaranya Papua