50 Persen Tanaman Tembakau Temanggung Rusak

share on:
Petani tembakau Temanggung resah daun tembakau yang rusak - IST
Petani tembakau Temanggung resah daun tembakau yang rusak – IST

Temanggung, Jubi – Sekitar 20 hingga 50 persen tanaman tembakau di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah rusak akibat hujan di tengah kemarau basah ini.

“Cuaca yang kurang bagus akhir-akhir ini mengakibatkan daun tembakau di bagian bawah menguning,” kata petani tembakau warga Bansari, Jumhar di Temanggung, Rabu (24/8/2016).

Menurut dia di wilayah Bansari, setiap daun tembakau rata-rata 50 persen telah menguning. Daun tembakau yang telah menguning tersebut tidak bisa diproses menjadi tembakau rajangan kering.

Ia mengatakan dalam kondisi cuaca yang kurang mendukung ini, pabrik rokok juga belum membuka gudang untuk melakukan pembelian tembakau.
“Kami berharap pabrik rokok segera melakukan pembelian tembakau agar petani tidak semakin merugi,” tuturnya.

Ia mengatakan semakin mundur pembelian tembakau pada masa panen tahun ini, maka akan semakin banyak daun tembakau yang rusak.

Kepala Desa Legoksari, Kecamatan Tlogomulyo, Subakir, mengatakan daun tembakau yang menguning di wilayahnya sekitar 20 persen, mudah-mudahan perwakilan pabrik rokok di Temanggung segera melakukan pembelian.

Menurut dia, musim kemarau basah ini memang sering hujan, tetapi dalam sepekan terakhir di wilayahnya tidak turun hujan sehingga beberapa petani mulai memetik daun tembakau, meskipun belum ada pembeli tembakau.

Ketua Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Temanggung, Ahmad Fuad, mengatakan tingkat kerusakan tanaman tembakau terparah berada di Temanggung bagian utara, saat ini sudah lebih dari setengah tanaman tembakau rusak dan tidak bisa diharapkan lagi.

“Paling parah tembakau yang ditanam di lereng Gunung Prau bisa jadi saat ini hanya tinggal 30 persen saja, sebab petani di daerah ini masa tanam tembakau lebih awal dibanding daerah lainnya,” ungkapnya.

Ia mengatakan kondisi tembakau saat ini sangat memperihatinkan, jika pabrikan tidak segera melakukan pembelian, tingkat kerusakakn tembakau tidak hanya terjadi di lereng Gunung Prau saja.(*)

Editor : Zely Ariane
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  50 Persen Tanaman Tembakau Temanggung Rusak