Layanan Kesehatan Satgas Kijang dan Satpel Terapung Diperluas

share on:
Satgas terapung
Aloysius Giyai, saat peletakan Batu Pertama RSUD Pratama di Odekomo, Ekimani, Kamuu Utara, Dogiyai, Senin lalu (22/8/2016).

Dogiyai, Jubi  Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Papua, drg. Aloysius  Giyai, menuturkan selama ini Puskesmas sebagai pelayanan dasar tidak difungsikan baik, oleh karena itu tim satuan tugas pelayanan kesehatan kaki telanjang (satgas kijang) dan terapung diluaskan ke beberapa kabupaten, dengan maksud mengurangi angka kematian dan kesakitan.

“Selama ini, pelayanan khususnya di Pegunungan belum maksimal kepada masyarakat. Untuk menurunkan angka kematian yang semakin meningkat itu, saya berusaha bentuk dan memberangkatkan tim satuan tugas pelayanan kesehatan kaki telanjang (satgas kijang) dan satuan pelayanan (satpel) terapung untuk melakukan pelayanan kesehatan di wilayah pegunungan guna mengurangi angka kematian dan buka akses pelayanan kepada masyarakat,”. kata, Aloysius Giyai, saat peletakan Batu Pertama RSUD Pratama di Odekomo, Ekimani, Kamuu Utara, Dogiyai, Senin lalu (22/8/2016).

Tim Satgas Kijang dan Satpel Terapung tugas utamanya adalah mengurangi angka kematian, lanjut Aloysius. “Meraka juga siap bekerja 24 jam untuk melayani masyarakat. Saya berharap aktifkan Puskesmas – puskesmas itu kembali. Puskesmas adalah pelayanan dasar yang ada ditingkat bawah,’’ujarnya.

Menurutnya, banyak yang tidak mengerti perbedaan layanan antara RSUD dan Puskesmas.

“Jangan, sakit mencret, muntah lalu rujuk ke RSUD itu tidak benar. Aturannya, sakit ringan itu bisa selesaikan di Puskemas, tidak boleh bawah ke RSUD. Kecuali, sakit – sakit yang parah atau alat-alat terbatas, tenaga terbatas lalu bawah ke RSUD,” katanya.

Salah satu petugas satgas kijang dan terapung, Distrik Kamuu Selatan, Kornelis Waine, mengaku selama ini pihaknya bekerja maksimal untuk melayani masyarakat.

“Kalau masyarakat datang untuk meminta tolong bantuan berobat, kami selalu melayani. Biarpun malam, capek itu bukan penghalang, tetapi tugas dan tanggungjawab itu yang selalu diutamakan. Ini merupakan masalah nyawa orang,” katanya. (Agus Tebai)

Editor : Zely Ariane
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Layanan Kesehatan Satgas Kijang dan Satpel Terapung Diperluas