Mahasiswa Baru Pertambangan Uncen Dibekali Matrikulasi

share on:
Fakultas Teknik Universitas Cenderawasih Papua. -Jubi/Yance Wenda
Fakultas Teknik Universitas Cenderawasih Papua. -Jubi/Yance Wenda

Jayapura, Jubi – Fakultas Tehknik Strata 1 Jurusan Pertambangan di Universitas Cenderawasih menyelenggarakan program martikulasi selama sebulan bagi mahasiswa baru angkatan 2015/2016, guna memberikan pemahaman dasar tentang dasar-dasar teknik jurusan tersebut.

Ketua panitia matrikulasi, Dana Fredik Piter Fairyo mengatakan, matrikulasi penting dalam membantu mahasiswa baru memahami dasar-dasar teori mata kuliah terkait pertambangan. Hal tersebut akan mempermudah mahasiswa dalam proses perkuliahan nantinya.

“Matrikulasi diajarkan kepada mahasiswa tahun ajaran baru ini agar mereka dapat memahami dasar-dasar ketika mereka sudah aktif kuliah,” kata Dana saat ditemui Jubi di Fakultas Teknik Uncen, Rabu (24/8/2016).

Dana menjelaskan, mahasiswa baru itu diberikan materi-materi dasar terkati mata kuliah matematika, kimia, fisika, dan kalkulus. Kegiatannya berlangsung di Fakultaas Teknik Uncen dan akan berlangsung selama satu bulan, yang sudah dimulai sejak Senin (22/8) dan akan berakhir awal bulan depan.

“Dalam kegiatan ini kami bekerjasama dengan Fakultas MIPA (Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam). Kami ajarkan matematika, kimia, fisika dan kalkulus,” jelasnya.

Ketua Prodi S1 Teknik Pertambangan, Bevie Marcho Nahumury, mengatakan sebagian besar mahasiswa baru itu merupakan orang asli Papua (OAP). Jumlah peserta martikulasi sebanyak 80 orang. “Lebih banyak OAPnya, ada 70 persen, sementara non-OAP ada 30 persen,” katanya.

Seneka Lidia, salah satu peserta matrikulasi, mengaku mendapat manfaat yang besar setelah mengikuti pelatihan tersebut. Ia jadi mengerti dasar-dasar mata kuliah dalam jurusan yang diambilnya.

“Selama saya mengikuti ini, saya jadi mengerti mata pelajaran dasar seperti kimia, fisika, dan kalkulus. Saya harap saat kuliah nanti, saya bisa mengikuti perkuliahaan dengan baik,” ujar Lidia.

Mahasiswa lainnya adalah Apolos Yosias Kafiar. Ia mengatakan setelah beberapa hari mendapatkan pelatihan itu, ia jadi mengerti beberapa pelajaran dasar yang tidak ia dapatkan saat di bangku SMK.

“Karena saya waktu di SMK belum dapat (pelajaran dasar), beda dengan SMA itu mereka sudah belajar (pelajaran) dasar seperti fisika, kimia, dan matematika. Martikulasi ini sangat penting  bagi saya karena dulunya saya tidak tahu, dan sekarang saya mengerti,” aku Apolos. (*)

Editor : Yuliana Lantipo
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Mahasiswa Baru Pertambangan Uncen Dibekali Matrikulasi