Tiket Trigana Air Ambon-Dobo Melonjak, Calon Penumpang Resah

share on:
Tiket Trigana Air ke Dobo, Maluku, melonjak - IST
Tiket Trigana Air ke Dobo, Maluku, melonjak – IST

Ambon, Jubi – Para calon penumpang pesawat Trigana Air rute Bandara Internasional Pattimura Ambon – Bandara Rar Gwamar Dobo, Kepulauan Aru, resah akibat harga tiket yang melonjak.

“Saya kaget saat hendak membeli tiket ke Dobo karena staf Trigana Air mengatakan harganya Rp1,9 juta,” kata salah seorang calon penumpang, Obeth, di Ambon, Rabu (24/8/2016).

Ia mengatakan, hingga awal pekan ini harga tiket pesawat Trigana Air Ambon – Dobo Rp1,730.000. “Harga itu naik dari Rp1,3 juta pada akhir April lalu,” katanya.

Obeth berharap ada perhatian dari Dinas Perhubungan Maluku maupun Pemkab Kepulauan Aru tentang kenaikan tinggi harga tiket pesawat Trigana Air Ambon – Dobo PP tersebut.

“Bayangkan harga tiket senilai Rp1,9 juta itu sudah bisa PP Jakarta, sehingga harus ada ambang batas tarif pesawat yang diberlakukan maskapai penerbangan Trigana Air,” katanya.

Dia mendukung pengembangan bandara Rar Gwamar yang sedang memperluas dan memanjangkan landasan pacu sehingga  pesawat dengan kapasitas lebih dari 60 tempat duduk (seat) bisa beroperasi.

“Kami menginginkan maspakai penerbangan lain beroperasi lagi ke bandara Rar Gwamar agar harga tiket tidak meresahkan calon penumpang,” tandas Obeth.

Anggota DPRD daerah pemilihan (Dapil) VI meliputi kabupaten Maluku Tenggara, kota Tual dan kabupaten Kepulauan Aru, Jhon Rahantoknam, mengakui tingginya harga tiket pesawat Trigana Air memang telah dibicarakan dengan manajemennya maupun Dinas Perhubungan Maluku.

“Harga tiket ke Langgur, ibu kota kabupaten Maluku Tenggara, Tual dan Dobo memang mahal, sehingga perlu dikoordinasikan kembali dengan Dinas Perhubungan Maluku maupun maskapai penerbangan,” tandasnya.

Sedangkan, Kabid Perhubungan Udara Dinas Perhubungan Maluku, Jhon Rante mengakui harga tiket pesawat Trigana Air bervariasi Rp1,7 hingga Rp1,9 juta/penumpang itu masih berada dalam ambang batas.

“Saya lupa peraturan Menteri Perhubungan soal tarif tersebut. Namun, harga tiket tersebut masih berada diambang batas tertinggi tarif pesawat ke maupun dari Dobo,” tegasnya.(*)

Editor : Zely Ariane
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Tiket Trigana Air Ambon-Dobo Melonjak, Calon Penumpang Resah