Ada Truk Material Bangunan yang Nakal

share on:
Satu Truk materilal bangunan usai bayar pajak di post pajak (jubi/mawel)
Satu truk materilal bangunan usai bayar pajak di pos pajak -Jubi/Mawel

Jayapura, Jubi – Staf Kantor Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kabupaten Jayapura mengatakan ada truk pengangkut material bangunan dari Kabupaten Jayapura ke Kota Jayapura yang tidak taat pajak.

“Ada yang nakal. Satu hari masih ada satu hingga dua truk,” ungkap Ruben Galugu, staf Dispenda Kabupaten Jayapura yang bertugas di pos pajak di batas kabupaten dan kota Jayapura, distrik Sentani Timur, Papua, Rabu (24/08/2016).

Kata dia, seringkali staf yang bertugas mengetahui truk mana yang tidak taat namun tidak pernah ngotot kejar atau menjaga pos itu dengan aturan yang tegas. Menurutnya, ini terjadi karena staf tersebut menghindari hal-hal yang tidak diiginkan.

“Kita mau kejar tetapi rawan kecelakaan. Kalau ada yang kena tabrak siapa yang mau tanggung. Pikir asuransi dan segalanya jadi kami biarkan,” ujarnya.

Kata dia, membiarkan bukan berarti tidak ada upaya lanjut dari dinas. Dinas tetap melakukan upaya sosialisasi kepada semua pegusaha supaya taat pajak.

“Kita sudah kumpulkan semua pemilik itu memberikan pemahaman,” ungkapnya

Luther Maware, tenaga bantuan harian di pos pajak itu membenarkan kenakalan truk-truk pengangkut material bangunan berupa batu-batu besar, batu campur kerikil dan pasir itu.

“Kita sudah berdiri, mereka lihat tapi tidak berhenti.  Lewat saja. Memang ada yang nakal,” ungkap pria asal Sarmi ini.

Kata dia, dirinya tidak tahu persis jumlah truk yang tidak taat pajak itu. Karena dirinya bukan pekerja full time di dinas tersebut.

“Saya tidak kerja tidak setiap hari. Lihat situasi saja,” ujarnya. (*)

Editor : Kyoshi Rasiey
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Ada Truk Material Bangunan yang Nakal