Ekor Babi dari Abad ke-18 Diduga Milik Fletcher Christian

share on:

Pitcairn, Jubi – Arkeolog menemukan ekor babi yang dipercaya hidup pada abad ke-18 di Pulau Pitcairn dan merupakan milik para pemberontak pimpinan Fletcher Christian yang memberontak di kapal Bounty yang dinahkodai William Bligh dari Inggris. 

Ekor babi dari abad ke-18 / RNZI
Ekor babi dari abad ke-18 / RNZI

Saat ini ekor babi tersebut tengah diteliti oleh para ahli DNA untuk membuktikan dugaan tersebut.

Sementara, warga pulau Pitcairn lebih penasaran dengan lokasi makam Fletcher Christian dan awak kapal lainnya yang hingga kini belum ditemukan.

Setelah berhasil menemukan ekor babi, arkeolog kini tengah menggali sebidang tanah di bawah sebuah gedung di Adamstown untuk mencari tulang belulang para pemberotak yang terbunuh selama konflik di lautan itu berlanjut di darat.

Legenda Fletcher Christian sangat dekat dengan masyarakat pulau Pitcairn. Fletcher adalah seorang kelasi di kapal Bounty dengan William Bligh sebagai komandannya. Kapal ini berlayar dari Inggris pada tahun 1787 dengan tujuan mencari buah sukun. Setahun kemudian, kapal merapat di Tahiti dan tinggal selama lima bulan di pulau yang indah tersebut.

Pada tahun 1788, mereka bermaksud kembali ke Inggris sambil membawa hasil panen. Namun, di perjalanan, para awak kapal yang dipimpin Fletcher memberontak karena enggan pulang. Disebutkan, mereka jatuh cinta dengan keindahan pulau Tahiti dan perempuan-perempuannya yang cantik.

Di perairan sekitar Tonga, Fletcher mulai memberontak dan mengusir kapten Bligh dan pengikutnya untuk beralih ke kapal yang lebih kecil. Sementara, Fletcher dan pengikutnya berlayar kembali ke Tahiti dan menikahi seorang perempuan Tahiti. Karena berhasil terkejar ke Tahiti oleh beberapa pengikut Bligh, Fletcher berlayar kea rah timur dan mendarat di pulau Pitcairn. Di pulau inilah terjadi perang dengan pelaut Inggris hingga Fletcher terbunuh bersama para awaknya. (*)

Editor : Lina Nursanty
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Ekor Babi dari Abad ke-18 Diduga Milik Fletcher Christian