Konser AMPTPI dan BEM UNCEN Dipuji

share on:
Enos Rumansara dalam Pembukaan Konser Musik Nyanyian Merdu Negeri Papua, Senin (22/8/2016) - JUBI/Hengky Yeimo
Enos Rumansara dalam Pembukaan Konser Musik Nyanyian Merdu Negeri Papua, Senin (22/8/2016) – JUBI/Hengky Yeimo

Jayapura, Jubi – Mahasiswa Pegunungan Tengah Papua Se-Indonesia (AMPTPI) Wailayah Indonesia Timur dan Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Cenderawasih (BEM Uncen) tuai apresiasi usai gelar Konser Bertajuk “Nyannyian Merdu Negri Papua.”

Natan Naftali Tebay, Ketua AMPTPI DPW Indonesia Timur, mengatakan konser itu digelarnya guna mendobrak kerinduan terhadap musik khas Papua yang selama ini dipendam masyarakata Papua.

“Panggung-panggung seni hiburan di kota besar seperti di Jayapura harus ada. Terutama musik etnik harus dikembangkan dan diekspolarasi agar tidak punah, seperti Group Musik Mambesak Eyusher, Black Mamba dan sebagainya,”  katanya kepada Jubi, Kamis (25/8/2016).

Alat musik, lagu daerah, ruang-ruang ekspresi, dan atribut penyanyi, mesti disiapkan dalam konser musik akustik agar ada kemajuan.

“Kami menciptakan ruang ini sebagai langkah awal untuk bangkitkan kesadaran semua orang di Papua kalau ruang etnik perlu dihidupkan kembali,” katanya.

Kedepan pihaknya akan berkomunikasi dengan musisi lain yang ada di Papua, termasuk Manico, untuk tampil di panggung-panggung seni yang akan digelarnya, agar bisa dihadiri banyak orang Papua, ujar Natan.

Melalu akun Facebook resminya, Musisi Legendaris pendiri Black Brother, Andi Ayamiseba, mengaku  bangga dan berterima kasih dengan prakarsa konser tersebut.

“Pasti indah ‘awesome & beautiful’ untuk didengar dan dinikmati sebagai seorang seniman musik Injili dan musik improvisasi Papua yang sering bermimpi tentang Papua yang berdiri sendiri di atas kaki sendiri dengan sumber daya manusia & alamnya yang kaya raya, yang kitorang semua tahu & maklumi,” ujarnya.

Dia juga menyarankan agar  konser tersebut direkam dalam bentuk CD atau MP3. “Saya bakal beli satu copy untuk tujuan dokumentasi budaya dan adat istiadat kitorang semua, Orang Papua,” tulisnya.(*)

Editor : Zely Ariane
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Konser AMPTPI dan BEM UNCEN  Dipuji