Oktober 2016, Tenggat Waktu Pelaporan Penggunaan Dana Kampung Yahukimo

share on:
Para kepala kampung dari tiga distrik: Dekai, Seredala, dan Sumo, saat menghadiri penyaluran Dana Kampung Tahun anggaran 2016, tahap pertama, di Dekai, 9 Agustus 2016. - Jubi/Yuliana Lantipo
Para kepala kampung dari tiga distrik: Dekai, Seredala, dan Sumo, saat menghadiri penyaluran Dana Kampung Tahun anggaran 2016, tahap pertama, di Dekai, 9 Agustus 2016. – Jubi/Yuliana Lantipo

Jayapura, Jubi – Kepala kampung penerima Dana Kampung di Yahukimo diberikan waktu sebelum akhir tahun 2016 untuk melaporkan penggunaan dana tersebut.

Bupati Yahukimo, Abock Busup, mengatakan pihaknya telah memberikan buku panduan penggunaan dana kampung bersamaan dengan pemberian dana itu kepada masing-masing kepala kampung. Ia mengatakan, dalam buku panduan tersebut juga dilampirkan format pelaporan untuk mempermudah kepala kampung dalam membuat laporan.

Hingga sekarang, sudah 125 kepala kampung dari total 517 kampung yang menerima anggaran dalam program dana kampung tersebut.

Baca: Pemda Yahukimo Telah Serahkan Rp75 Milyar Dana Kampung Di 125 Kampung

“Saat kita serahkan anggaran, kita juga sekaligus serahkan dengan buku panduan dan bentuk laporan jadi kepala kampung tinggal isi saja dan serahkan kepada kami untuk pertanggujawabkan,” kata Abock kepada Jubi via seluler, Kamis (25/8/2016).

Kampung-kampung di Yahukimo yang sudah menerima dana itu tersebar di 13 distrik, di antaranya Dekai, Seredala, Sumo, Kurima, Mugi, Tangma, Uka, Yogosem, Holuwon, Hilipuk, dan Sela.

Tunda Pencairan Dana

Bupati Abock menjelaskan, pemberian dana kampung akan dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama 60 persen dan tahap kedua 40 persen. Untuk pencairan dana tahap kedua, kata Abock, akan dicairkan apabila sudah ada laporan penggunaan dana tahap pertama dari kepala kampung.

“Saya akan luncurkan dana tahap kedua bulan Oktober kalau program dan laporannya lancar. Kalau tidak lancar ya dana juga tidak ada, pencairan bisa tunda,” jelas bupati.

“Setelah penyerahan dana desa ini, saya akan turun periksa. Siapa yang kerja nyata, kalau ada bukti maka tahap kedua, mereka (kampung) akan terima lagi,” ujarnya. (*)

 

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Oktober 2016, Tenggat Waktu Pelaporan Penggunaan Dana Kampung Yahukimo