Pemprov Papua Jajaki Kerjasama Bidang TI

share on:
Gubernur Papua Lukas Enembe Didampingi Para Staf Sedang Mencoba Layanan Internet Gratis Dengan Menggunakan Handphone - Jubi/Alex
Gubernur Papua Lukas Enembe Didampingi Para Staf Sedang Mencoba Layanan Internet Gratis Dengan Menggunakan Handphone – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Pemerintah Provinsi Papua saat ini tengah menjajaki kerjasama bidang teknologi informasi (TI) dengan salah satu perusahaan asal Singapura. Harapan, kedepan provinsi paling timur di Indonesia ini miliki teknologi yang mumpuni.

“Kami akan lakukan penandatangan MoU dengan perusahaan di Singapura untuk implementasi e-goverment di Papua. Dengan begitu, kedepan kita bisa gunakan TI untuk memberikan informasi dan pelayanan publik bagi warga, termasuk urusan bisnis, serta hal lain yang menyangkut pembangunan,” kata Gubernur Papua Lukas Enembe, di Jayapura, Kamis (25/8/2016).

Mengenai layanan wifi gratis pada masyarakat di 14 titik, Enembe jelaskan, hal itu merupakan stimulus kepada masyarakat akan pentingnya dunia teknologi dalam mewujudkan Papua bangkit, mandiri dan sejahtera.

Dengan harapan, Pemerintah Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura maupun kabupaten lainnya dapat melakukan hal yang serupa sehingga masyarakat Papua kedepan melek teknologi.

“Sementara khusus bagi SKPD di lingkungan Pemprov agar dapat memanfaatkan jaringan Virtual Private Network (VPN) yang ada ini dengan melakukan integrasi data. Supaya layanan publik semakin baik, transparan serta akuntabel,” kata Enembe.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Papua, Kansiana Salle mengatakan pada setiap spot wifi gratis akan disediakan internet dengan layanan kapasitas 60 Mb sama dengan yang saat ini berjalan pada lingkungan Pemda tingkat provinsi.

Sementara 12 titik yang akan memancarkan wifi gratis, diantaranya Taman Imbi Jayapura, Taman Mandiri, Kompleks Ruko Pacific Permai, Kompleks Ruko Entrop, GOR Waringin Kota Raja, GOR Cenderawasih Jayapura.

“Kemudian, dua titik di Kabupaten Jayapura, yang mana 1 titik di Kantor Distrik Sentani Timur dan Netar yang masih dalam penjajakan. Dengan harapan semuanya bisa aktif paling lambat hingga akhir bulan ini,” kata Kansiana. (*)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pemprov Papua Jajaki Kerjasama Bidang TI