BKP Jateng Anjurkan Pemanfaatan Lahan Pekarangan

share on:
Potensi pekarangan dapat dimanfaatkan untuk tanaman pangan - IST
Potensi pekarangan dapat dimanfaatkan untuk tanaman pangan – IST

Semarang, Jubi – Badan Ketahanan Pangan Jawa Tengah menggencarkan program pemanfaatan lahan pekarangan untuk menanam komoditas pangan.

“Ada beberapa komoditas pokok yang sampai saat ini harganya mengalami gejolak cukup signifikan, di antaranya cabai dan bawang putih,” kata Kepala BKP Jawa Tengah Whitono di Semarang, Minggu (28/8/2016).

Menurut dia, dengan pemanfaatan lahan pekarangan tersebut masyarakat bisa menanam komoditas pokok sehingga pengeluaran untuk belanja dapat ditekan.

“Mereka tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk belanja sehari-hari. Cukup mengambil hasil dari tanaman tersebut,” katanya.

Dengan upaya tersebut, diharapkan gejolak harga dapat lebih dikendalikan. Selanjutnya inflasi juga dapat terkendali.

Program pemanfaatan lahan tersebut juga dapat digunakan untuk menanam sayuran maupun komoditas pokok lain, terutama yang berpengaruh besar terhadap inflasi.

Untuk diketahui, selain cabai dan bawang putih, beberapa komoditas lain yang memberikan kontribusi besar terhadap inflasi di antaranya bawang merah dan beras.

Dikatakan, sejauh ini pihaknya sudah memberikan bantuan kepada 3.000 kelompok untuk program pemanfaatan lahan pekarangan tersebut.

“Targetnya ke depan akan terus kami tambah bantuan tersebut agar semakin banyak warga yang menerapkan program tersebut,” katanya.(*)

Editor : Zely Ariane
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  BKP Jateng Anjurkan Pemanfaatan Lahan Pekarangan