Gubernur Papua Resmikan Sejumlah Proyek di Mamit

share on:
Gubernur Papua Lukas Enembe Didamping Istri dan Staf Meresmikan Ruas Jalan Kanggime-Mamit - Istimewa
Gubernur Papua Lukas Enembe Didamping Istri dan Staf Meresmikan Ruas Jalan Kanggime-Mamit – Istimewa

Jayapura, Jubi – Gubernur Papua Lukas Enembe meresmikan sejumlah proyek di Kampung Mamit, Kabupaten Tolikara, diantaranya ruas jalan Kanggime – Mamit sepanjang 167 kilo meter, Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH), serta pembangunan beberapa unit rumah dan pelebaran lapangan terbang Mamit.

Dengan diresmikannya jalan, masyarakat di wilayah itu sudah bisa menggunakan kendaraan bermotor bila ingin berpergian dari Mamit ke Karubaga, Tolikara maupun sebaliknya.

“Ini merupakan satu jawaban kepada masyarakat. Pasalnya setiap saya datang kesini, selalu ditanya kapan bisa ada jalan dari Karubaga ke Mamit,” kata Lukas Enembe melalui rilis yang diterima Jubi, di Jayapura, Minggu (28/8/2016).

Menurut Enembe, apa yang selalu ditanyakan masyarakat menjadi penyemangat dirinya untuk bagaimana mewujudkan keinginan masyarakat, mengingat keberadaan jalan akan memberikan dampak positif bagi masyarakat.

“Saya harapkan dengan terbukanya akses darat ini bisa membawa dampak signifikan bagi masyarakat,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pembangunan ruas jalan Kanggime-Mamit dimulai pada 2014, dan memakan waktu dua tahun untuk selesai dikerjakan.

“Untuk jalan dan pemancar Telkomsel ini kami mulai bangun dari 2014 dan kini sudah bisa diresmikan, ini merupakan bentuk perhatian dari kami, dalam menjawab aspirasi masyarakat,” kata Gubernur.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Papua Maikael Kambuaya mengatakan pembangunan ruas jalan Kanggime-Mamit melewati 5-6 distrik dan menggunakan anggaran sebesar Rp137 miliar.

“Proyek multi years ini akan tuntas di Desember 2016, sehingga kami masih harus memperbaiki jalan, terutama yang masih tergenang air, kita harapkan empat distrik lagi bisa terlewati, dengan adanya jalan ini kan mendukung pembangunan secara keseluruhan,” kata Kambuaya.

Senada dengan itu, Konsultan PT Nikita Raya, Angki mengakui, selama proses pembangunan jalan pihaknya tidak mengalami kendala dan mendapat bantuan dari masyarakat.

“Kami selama mengerjakan proyek ini tidak mendapat kendala, kami sampaikan terima kasih, karena masyarakat mau bantu kami, bahkan mereka membawakan kami makanan,” kata Angki. (*)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Gubernur Papua Resmikan Sejumlah Proyek di Mamit