Kapolda Nyatakan “Zona Merah” di Puncak Jaya Aman

share on:
Kampung Jibinggame, Distrik Weangi, Kabupaten Puncak Jaya, Papua - Jubi/Arjuna
Kampung Jibinggame, Distrik Weangi, Kabupaten Puncak Jaya, Papua – Jubi/Arjuna

Jayapura, Jubi – Kapolda Papua, Inspektur Jenderal (Pol) Paulus Waterpauw menyatakan beberapa distrik di sekitar Tingginambut, wilayah Kabupaten Puncak Jaya diantaranya Distrik Weangi dan Illu yang selama ini dikategorikan “zona merah” kini terbilang cukup aman.

Hal itu dikatakan Kapolda Waterpauw kepada wartawan ketika bersama Gubernur Papua, Lukas Enembe dan Ketua DPR Papua, Yunus Wonda dan para tokoh agama menghadiri peresmian empat gereja GIDI di Wilayah Yamo, Klasis Yalu, Kabupaten yang dipusatkan di Gereja Jibinggame, Kampung Jibinggame, Distrik Weangi, Jumat (26/8/2016).

“Saya pikir daerah ini kategori daerah yang cukup rawan. Tapi kenyataannya sekarang saya lihat aman. Ini merupakan upaya yang sungguh-sungguh yang dilakukan Gubernur Papua dan Ketua DPR Papua. Juga Bupati dan perangkatnya yang kini bekerja keras dan menyadarkan masyarakat kalau sekarang sungguh-sungguh melakukan pembangunan dan masyarakat bisa menikmatinya,” kata Kapolda Waterpauw pekan lalu.

Menurutnya, kondisi yang kondusif di distrik sekitar Distrik Tingginambut, daerah yang merupakan markas Organisasi Papua Merdeka (OPM) pimpinan Goliat Tabuni, mengubah pandangan orang dari luar yang selama ini menganggap wilayah itu daerah rawan.

“Artinya yang awalnya persepsi kita rawan, kini cukup aman. Ini menandakan pemerintah sungguh-sungguh serius melakukan pembangunan. Apalagi Gubernur Papua, Ketua DPR Papua, Ketua Majelis Rakyat Papua (MRP) dan banyak pejabat-pejabat utama yang merupakan anak asli dari wilayah sekitar sini,” ujarnya.

Ia berharap, dengan dukungan para hamba Tuhan, tokoh masyarakat, tokoh adat dan pihak lainnya, daerah itu bisa berkembang menjadi daerah yang makmur dan pembangunan bisa benar-benar dirasakan oleh masyarakat. (*)

Editor : Kyoshi Rasiey
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kapolda Nyatakan “Zona Merah” di Puncak Jaya Aman