AS Bangun Konservasi Laut Terbesar Dunia di Hawaii

share on:

Hawaii, Jubi – Presiden Amerika Serikat Barack Obama akan melakukan perjalanan ke pulau-pulau karang terpencil di sepanjang Pasifik pekan ini. Kunjungan itu dilakukan dalam rangka persiapan membangun konservasi laut terbesar di dunia. 

Kawasan konservasi laut Papahanaumokuakea/ NOAA dan RNZI
Kawasan konservasi laut Papahanaumokuakea/ NOAA dan RNZI

Pekan lalu, Gedung Putih mengumumkan bahwa Monumen Nasional Papahanaumokuakea akan mencakup wilayah 1,5 juta kilometer persegi di samudera Pasifik tepatnya di barat laut Hawaii.

“Ekosistem di lokasi ini adalah rumah bagi ribuan spesies karang, ikan, burung, mamalia laut, dan flora fauna lainnya,” ujar Obama.

Selain itu, Obama juga menekankan bahwa area ini adalah area signifikan bagi kebudayaan awal Polinesia, orang Hawaii asli, yang patut dilindungi dan dipahami.

Senator Demokrat dari Hawaii, Brian Schatz, menyambut keputusan Obama ini. Ia menyebut bahwa kebijakan tersebut adalah kebijakan paling penting yang pernah diambil Presiden AS untuk menyelamatkan samudera.

“Memperluas Papahanaumokuakea akan merevitalisasi stok ahi (tuna kuning), menyelamatkan keanekaragaman hayati, melawan dampak perubahan iklim, dan memberi ruang bagi orang Hawaii asli untuk mengatur kekayaan alamnya,” ujar Brian.

Lahan konservasi tersebut sebenarnya dibentuk pada masa Presiden George W. Bush di tahun 2006. Empat tahun kemudian, kawasan itu dideklarasikan sebagai area warisan dunia (World Heritage).

Tahun ini, Obama menyatakan akan memperluasnya hingga 1,5 juta kilometer atau dua kali luas negara bagian Texas.

Karena status tersebut, maka pengambilan ikan untuk keperluan komersial serta penambangan mineral di laut dalam akan dilarang sepenuhnya.

Namun, eksplorasi bagi kepentingan sains, pengambilan ikan untuk kepentingan rekreasi dan subsisten oleh penduduk Hawaii tetap diperbolehkan.

Papahanaumokuakea adalah area yang dihuni oleh kurang lebih 7.000 spesies. Seperempat di antaranya tidak dapat ditemukan di belahan dunia lain, yaitu di antaranya kura-kura hijau, karang hitam berusia 4.500 tahun, jutaan jenis burung termasuk bebek langka, Laysan. (*)

Editor : Lina Nursanty
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  AS Bangun Konservasi Laut Terbesar Dunia di Hawaii