DKP Diminta Gencar Sosialisasikan Makan Ikan

share on:
Ketua Umum Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Provinsi Papua Yulce Enembe Didampingi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan - Jubi/Alex
Ketua Umum Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Provinsi Papua Yulce Enembe Didampingi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) meminta Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Papua bersama stakeholder lainnya untuk gencar mensosialisasikan konsumsi ikan ke masyarakat di wilayah pegunungan, karena konsumsi masyarakat di sana masih sangat rendah.

“Meski Papua memiliki ikan yang melimpah, tapi jika diberikan ikan dan daging kepada masyarakat pegunungan, pasti daging yang dipilih. Untuk itu, sosialisasi harus gencar dilakukan,” kata Ketua Umum Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Provinsi Papua Yulce Enembe saat Rapat Koordinasi Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Tahun 2016 di Jayapura, Senin (29/8/2016).

Selain itu, ujar Yulce, pemerintah juga harus turut mengambil bagian melakukan sosialisasi rutin hingga ke pelosok-pelosok pegunungan Papua.

“Jangan biarkan DKP jalan sendiri, koordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk mensosialisasi gemar konsumsi ikan kepada di wilayah pegunungan Papua,” ujarnya.

Ia menjelaskan, ikan memiliki unsur gizi yang sangat berkualitas, sehingga pemerintah harus berpikir agar ikan masyarakat dapat dikirim ke wilayah pegunungan.

“Kita jangan mengimbau masyarakat konsumsi ikan, tapi bagaimana kita mengangkat perekonomian mereka,” kata Yulce.

Sementara itu, dalam rangka meningkatkan konsumsi ikan di Papua dan ketersediaan ikan pada PON XX di Papua tahun 2020, Dinas Kelautan Perikanan akan mengembangkan ekonomi kreatif berbasis hasil perikanan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Papua, FX Mote mengaku, program tersebut mampu memberi nilai tambah peningkatan konsumsi ikan bagi masyarakat di Papua.

“Ini dalam rangka meningkatkan konsumsi ikan domestik. Apalagi dengan mengkonsumsi ikan, derajat kesehatan anak-anak asli Papua dan masyarakat umumnya akan meningkat,” katanya.

Dia menambahkan semua orang sudah pasti tahu apa itu ikan, mengkonsumsi dan berbagai keunggulannya. “Ikan selain murah dan mudah didapat, ikan juga merupakan jenis makanan sehat yang rendah lemak jenuh, tinggi protein, dan merupakan sumber penting asam lemak omega 3 yang bermanfaat untuk jantung,” ujarnya. (*)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  DKP Diminta Gencar Sosialisasikan Makan Ikan