Irigasi Diperbaiki, Sawah di Bombana Terancam Kekeringan

share on:
Ilustrasi irigasi yang diperlukan bagi pertanian - IST
Ilustrasi irigasi yang diperlukan bagi pertanian – IST

Kendari, Jubi – Ratusan hektare tanaman padi sawah di Desa dan Kelurahan Lameroro, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Bombana Sulawesi Tenggara (Sultra) terancam kekeringan, menyusul adanya perbaikan saluran irigasi teknis di daerah itu.

“Tanaman padi yang sudah rata-rata berumur antara 30-40 hari ini, sudah 10 hari terakhir kekurangan air setelah dilakukan pemupukan. Jika 3-5 hari ke depan ini belum juga diairi air maka tanaman padi akan kering dan terancam puso,” kata Kasman (54), petani di kelurahan itu, Senin (29/8/2016).

Ia mengatakan seharusnya pekerja irigasi dari dinas pengairan setempat tidak mengerjakan perbaikan irigasi di saat petani sudah terlanjur menanam padi, karena petani membutuhkan air saat musim kering ini.

Hal senada diungkapkan Syahrudin (55), bahwa proses perbaikan irigasi di Bendungan Lameroro sudah dikerjakan selama sepekan terakhir dan diperkirakan baru akan selesai antara 5-10 hari kedepan.

Kerusakan irigasi di bandungan itu terletak di kilometer pertama dari induk bangunan itu, yang mengalir menuju persawahan di 10 kelompok tani di Tompobatu dan sebagian sawah lain yang ada di sekitar wilayah itu.

Kepala Dinas Pertanian Bombana, Azis Fair, membenarkan ratusan padi sawah milik petani yang sudah berusia puluhan hari itu terancam kekeringan bila suplai air dari irigasi bendungan Lameroro itu ditutup sementara karena proses perbaikan.

“Saya jamin dalam beberapa hari ke depan ini, saluran sekunder yang dalam perbaikan itu akan diselesaikan secepatnya sehingga petani tidak perlu resah terhadap ketersediaan air dalam membantu proses tanam hingga panen,” ujarnya.

Di kelurahan Lameroro, luas areal persawahan irigasi mencapai lebih dari 2.500-an hektare, tersebar di beberapa tempat dengan tingkat produksi padi antara 5-7 ton per hektare.(*)

Editor : Zely Ariane
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Irigasi Diperbaiki, Sawah di Bombana Terancam Kekeringan