Pesawat BBM Pertamina Segera Dioperasikan Layani Pegunungan

share on:
Pesawat BBM milik Pertamina yang akan layani APMS di daerah Pegunungan Papua-Dok/Pertamina
Pesawat BBM milik Pertamina yang akan layani APMS di daerah Pegunungan Papua-Dok/Pertamina

Jayapura, Jubi – PT Pertamina (Persero) akan segera mengoperasikan pesawat Air Tractor AT-802 Pelita Air, setelah pesawat itu mendarat selamat di Bandara Sentani, Sabtu (27/8/2016).

Pesawat itu akan diprioritaskan memberikan pelayanan dan menjangkau Agen Premium dan Minyak Solar (APMS) di pegunungan seperti Puncak, Yalimo, Tolikara, dan Mamberamo Tengah.

Retail Fuel Marketing Manager Region VII Maluku-Papua, Zibali Hisbul Masih menjelaskan, pesawat Air Tractor berkapasitas 4.000 liter tersebut akan melayani ke pegunungan dengan frekuensi kira-kira dua flight per hari.

“Ini jalan dulu sambil evaluasi untuk ambil angka optimalnya,” ujarnya kepada Jubi melalui telepon selularnya, Sabtu (27/8/2016).

Zibali menegaskan, meski hanya diprioritaskan di pegunungan, namun akan dibahas bersama stakeholder di internal Pertamina mengenai rute, flight per hari, dan lainnya.

Masih ada empat daerah Papua yang akan segera dilayani Pertamina untuk mewujudkan “Satu Harga Nasional BBM”. Harga BBM, khususnya solar dan premium di daerah tersebut akan sama dengan daerah lainnya di seluruh Indonesia seperti Tolikara, Yalimo, dan Mamberamo Tengah.

Zibali menambahkan, pesawat tersebut merupakan pesawat khusus pengangkut BBM yang dipunyai Pertamina, setelah pesawat yang sama telah diresmikan penggunaannya di perbatasan Malaysia-Kalimantan.

“Kini tinggal menyelesaikan administrasi, semoga akan segera dapat dioperasikan,” katanya.

Air Tractor AT-802 adalah pesawat bermesin turboprop sayap rendah (low wing) yang juga dapat diadaptasi menjadi pemadam kebakaran.

General Manager PT Pertamina Marketing Operation Region Maluku Papua, Eldy Hendri menargetkan, pembukaan APMS (Agen Penjual Minyak dan Solar) di sejumlah daerah belum terjangkau dan daerah pemakaran akan tuntas hingga akhir Agustus 2016. Pembukaan APMS untuk mewujudkan satu harga BBM di Papua. (*)

Editor : Syofiardi
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pesawat BBM Pertamina Segera Dioperasikan Layani Pegunungan