Sebanyak 218 Peserta Ikut Ujian Nasional Perbaikan 2016

share on:
Salah Satu peserta saat mengikuti UNP di SMU Negeri 4, Jayapura – Jubi/Roy Ratumakin.
Salah Satu peserta saat mengikuti UNP di SMU Negeri 4, Jayapura – Jubi/Roy Ratumakin.

Jayapura, Jubi –Sebanyak 218 peserta mengikuti Ujian Nasional Perbaikan (UNP) 2016, yang tersebar di tiga sekolah di Jayapura. Sebagian besar peserta merupakan mahasiswa, yang ingin peroleh perbaikan nilai untuk menunjang dalam dunia kerja nantinya.

Ketua UNP tingkat Kota Jayapura Nurhadi mengatakan  UNP sendiri diperuntukan bagi siswa yang memiliki nilai mata pelajaran dalam UN rendah atau sama dengan 55. Ia menjelaskan ujian perbaikan ini tidak wajib.

“Kebanyakan siswa-siswi yang mengikuti UNP adalah mereka yang sudah memasuki dunia perkuliahan. Jadi tidak dibebankan untuk mereka harus ikut guna melakukan perbaikan. Kembali ke pribadi masing-masing saja,” katanya kepada wartawan, Senin (29/8/2016) di SMU Negeri 4, Jayapura.

Peserta ujian tersebar di tiga sekolah yakni SMAN 2 Jayapura (84), SMAN 4 Jayapura (72) dan SMKN 2 Jayapura (62). Peserta ujian bisa dari semua sekolah dan berdomisili di kota Jayapura.

“Sedangkan yang sudah kuliah di luar Papua, siswa tersebut wajib mendaftarkan ulang di sekolah pelaksana dia berdomisili. Misalnya, anak Papua yang menempuh kuliah di Makassar dia bisa mengambil UNP di kota Makassar walaupun sekolah awalnya di Kota Jayapura,” jelasnya.

Fransiskus Indra, salah satu peserta UNP yang kini duduk di semester pertama Jurusan Hukum Universitas Cenderawasih mengatakan dirinya harus mengikuti UNP karena ingin memperbaiki nilai mata pelajaran yang hanya mencapai 53.

“Saya masih ada keterikatan dinas dengan kampus IPDN jadi saya harus memiliki nilai bagus, makanya saya ikut ujian ini,” katanya. (*)

 

Editor : Yuliana Lantipo
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Sebanyak 218 Peserta Ikut Ujian Nasional Perbaikan 2016