Vanuatu Sabet Penghargaan PBB Karena Berantas Malaria

share on:

Port Vila, Jubi – Kementerian Kesehatan Vanuatu meraih penghargaan dari Perserikatan Bangsa-bangsa atas keberhasilannya dalam memberantas penyakit malaria. Penghargaan itu diserahkan langsung oleh perwakilan regional UNDP, Osnat Lubrani kepada Menteri Kesehatan Vanuatu, Toara Daniel di sela kunjungannya ke Vanuatu, pekan lalu. 

Penyerahan penghargaan kepada Menkes Vanuatu / dailypost.vu
Penyerahan penghargaan kepada Menkes Vanuatu / dailypost.vu

Direktur Jenderal Kementerian Kesehatan, George Taleo mengatakan penghargaan tersebut diserahkan karena Vanuatu berhasil mencapai rengking A1 dalam program pemberantasan dan pengendalian malaria pada periode semester pertama tahun 2016.

“Status A1 yang diberikan ini berdasarkan evaluasi dan monitor terhadap program serta indikator yang tidak mudah. Bagaimanapun, dengan bantuan UNDP ini telah membantu juga Vanuatu memperbaiki performanya dari semula status B2 menjadi A1 yang artinya Global Fund akan melanjutkan program ini di Vanuatu,” ujar Taleo.

Penghargaan ini merupakan keberhasilan Vanuatu dibanding negara-negara Pasifik lainnya yang juga menerima bantuan dana dari Global Fund sejak 2004.

Dalam sambutannya, Menkes Vanuatu menggarisbawahi seluruh donor dan pemberi bantuan Global Fund dan lainnya dalam membantu Vanuatu menjalankan program pemberantasan dan pengendalian penyakit malaria.

Dengan pola yang sama, ia yakin target pemerintah Vanuatu agar negara itu bebas malaria pada tahun 2020 dapat tercapai. Dengan catatan, program-program yang sedang berjalan ini harus tergabung dalam sistem kesehatan nasional di semua tingkatan.

Menteri juga mencatat kontribusi masyarakat Vanuatu yang sangat besar dalam program ini. Oleh karena itu, ia mempersembahkan penghargaan PBB tersebut untuk masyarakat Vanuatu.

Nona Lubrani mewakili Koordinator Residen PBB dan UNDP di Vanuatu menyatakan bahwa dukungan lembaganya untuk Vanuatu akan terus berlanjut. Ia menyelamati pemerintah Vanuatu atas prestasinya.

Ke depan, program UNDP akan berlanjut tidak hanya untuk pemberantasan malaria, melainkan juga pemberantasan penyakit Tuberculosis (TB) dan Human Imunnodeficiency Virus (HIV) di Vanuatu. (*)

Editor : Lina Nursanty
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Vanuatu Sabet Penghargaan PBB Karena Berantas Malaria