Bupati Jayapura: Koran Jubi Memberitakan Apa Adanya dan Berani

share on:

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw - Jubi/Engel Wally
Bupati Jayapura Mathius Awoitauw – Jubi/Engel Wally
Sentani, Jubi – Bupati Jayapura Mathius Awoitauw menilai Koran Jubi dengan berani memberitakan apa yang sebenarnya terjadi di tanah Papua.

Sejak tahun 2001, meski masih tergolong muda, Jubi gencar memberitakan apa yang dialami orang asli Papua, semisal pelanggaran HAM, masalah hak ulayat, pendidikan, kesehatan, dan berbagai persoalan lainnya.

Banyak cacian dan pujian yang diterima Jubi selama kurun waktu tersebut. Sesuai motonya Jujur Bicara (Jubi), Jubi juga harus jujur dan seperti anak panah (jubi) untuk memberitakan fak yang sebenarnya. Tak kurang juga pujian yang diterima media ini.

Bupati Mathius Awoitauwmengaku sangat terkesan dengan pemberitaan yang diberitakan media ini.

“Koran Jubi termasuk berani, seperti sifat Jubi itu sendiri dalam memberitakan segala sesuatu yang terjadi di Papua pada umumnya dan kususnya di Kabupaten Jayapura. Koran Jubi memberitakan apa adanya tanpa batas dan berdasarkan fakta yang terjadi,” kata Mathius ketika menghubungi Jubi di Sentani via selulernya, Jumat (27/8/2016).

Menurut dia banyak informasi yang tidak di-back up media lain di tanayh Papua. Misalnya forum pasifik yang setiap hari diberitakan media ini. Berita seputar kawasan pasifik dinilainya penting dan hanya ada di Jubi.

“Persoalan forum pasifik, hanya Koran Jubi yang berani memberitakannya, karena informasi ini sangat penting bagi masyarakat kita. Selain itu juga situasi di Papua pada umumnya harus diketahui seluruh lapisan masyarakatnya,” ujarnya.

Ia melanjutkan bahwa pemberitaan yang berimbang antara pemerintah daerah dan masyarakat, di dalamnya ada perimbangan dan sejumlah informasi ihwal kemajuan pembangunan. Namun harus juga diberitakan masukan terhadap kebijakan yang tidak dilaksanakan pemerintah.

“Hal-hal seperti ini yang penting bagi kita semua untk mengetahuinyaseperti ini harus dipertahankan,” katanya.

Untuk itu sebagai Kepala Daerah, dirinya menyampaikan selamat ulang tahun ke-15 untuk Jubi.

“Teruslah berkarya untuk meberitakan Papua secara global, baik dari sisi pedidikan, kesehatan, sosial, politik dan budaya,” ujarnya.

Ia bahkan mengharapkan agar Jubi terus berkarya dalam memberitakan Papua yang lebih luas lagi–dari semua aspek dan kondis kehidupan manusianya.

“Atas nama pribadi, keluarga tetapi juga sebagai kepala daerah Kabupaten Jayapura saya menyampaikan selamat ulang tahun untuk Jubi. Sukses selalu dalam pemberitaannya,” kata Mathius.

Ketua Forum Kota Sentani Deniks Felle menilai Jubi lahir dari hati masyarakat, karena keberpihakan melalui pemberitaannya cukup berakar di hati pembacanya.

“Lima belas tahun Jubi telah bersama-sama dengan masyarakat di tingkat bawah utuk memberiakan apa yang dirasakan kaum jelata ini. Sifatnya lugas, tanpa ada tendensi dari pihak manapun untuk mengungkapkan fakat dalam berita yang sesungguhnya,” katanya.

“Soal konten pemberitaan didalanya cukup luar biasa, hanya saja saya ingin meberikan masukan bagi Koran Jubi untuk kedepannya, agar dapat merubah sedikit tampilan fisiknya yang lebih baik sehingga dapat berkompotensi dengan media lokal lainnya di sini,” lanjutnya. (*)

Editor : Timoteus Marten
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Bupati Jayapura: Koran Jubi Memberitakan Apa Adanya dan Berani