Bupati Minahasa: Waspadai Kebakaran Akibat Kemarau

share on:
Bupati Minahasa, Jantje Wowiling Sajow - IST
Bupati Minahasa, Jantje Wowiling Sajow – IST

Minahasa, Jubi – Bupati Minahasa, Jantje Wowiling Sajow, mengimbau masyarakat agar tetap waspada kebakaran yang bisa saja terjadi, apalagi memasuki musim kemarau saat ini.

“Saya mengimbau masyarakat tetap waspada dan berhati-hati sehingga terhindar dari bahaya kebakaran,” kata Jantje di Tondano, Selasa (30/8/2016).

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulawesi Utara, lanjutnya, musim kemarau diperkirakan masuk pada bulan September.

Menurut analisa stasiun klimatologi, monsun asia masih aktif dengan intensitas lemah dan diperkirakan pada beberapa dasarian (sepuluh hari) ke depan akan terjadi pelemahan intensitas monsun asia dan diikuti penguatan monsun Australia.

Pelemahan intensitas monsun asia, diikuti penguatan monsun Australia itu, mengartikan akan memasuki periode musim kemarau hingga berdampak berkurangnya peluang terbentuknya awan-awan hujan.

Sebelumnya Bupati Minahasa meninjau lokasi kebakaran Rumah Mantan Bupati Minahasa Stevanus Vreeke Runtu dan Gereja GPdI Hosana Tonsea Lama pada Senin (29/8) pagi di Tonsea Lama, Kecamatan Tondano Utara.

Saat meninjau kedua lokasi kebakaran tersebut, bupati menyampaikan rasa keprihatinannya dan langsung menghubungi para kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait untuk dilakukan pendataan berbagai materi dan bahan serta sarana yang terbakar ini.

Termasuk kerugian yang dialami baik oleh keluarga mantan Bupati Minahasa dan pihak Gereja GPdI Hosana Tonsea Lama untuk diambil langkan penangananan selanjutnya.

Kepada Camat Tondano Utara, Janny Moniung Hukum Tua, Desa Tonsea Lama, bupati menginstruksikan pula untuk melakukan upaya penanggulangan darurat bencana kepada para pihak keluarga atau pengelola tempat ibadah itu.

Diketahui, rumah mantan bupati Minahasa Stevanus Vreeke Runtu dan Gereja GPdI Hosana Tonsea Lama ini mengalami musibah kebakaran pada Senin 29/8 jam 00.30 Wita dini hari.(*)

Editor : Zely Ariane
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Bupati Minahasa: Waspadai Kebakaran Akibat Kemarau