Disdukacapil Jayapura Keluarkan 150-200 E-KTP Tiap Hari

share on:

Kepala Disdukcapil Kabupaten Jayapura Alberth - Jubi/Engel Wally
Kepala Disdukcapil Kabupaten Jayapura Alberth – Jubi/Engel Wally
Sentani, Jubi – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Jayapura mengeluarkan sebanyak 150 – 200 e-KTP tiap hari.

Menurut Kepala Disdukcapil Kabupaten Jayapura Alberth jumlah hal itu terjadi karena adanya kesadaran warga untuk mengurus dokumen kependudukan. Meski demikian, ia tak menampik masih banyak warga yang belum mengurus e-KTP.

Ia membantah informasi yang beredar bahwa terjadi penambahan penduduk di kabupaten tersebut.

“Bisa lihat sendiri di kantor kami setiap hari mulai dari pagi sampai siang pasti ada banyak orang di sana. Semuanya hanya datang untuk mengurus dokumen kependudukan; mulai dari e-KTP sampai dengan akta nikah dan surat-surat lainnya. Jadi, tidak benar daerah ini mengalami penambahan jumlah penduduk,” katanya kepada Jubi di Sentani, Selasa (30/8/2016).

Ketua Forum Kota Sentani Deniks Felle mengatakan kepengurusan dokumen kependudkan memang sangat penting. Selain menjadi arsip dan pegangan pribadi dokumen kependudukan digunakan pada momen-momen tertentu.

“Situasi dan kondisi politik di daerah ini sangat kuat. Kepengurusan dokumen kependudukan secara khusus e-KTP diharapkan tidak menjadi boncengan kepentingan orang lain,” kata Deniks.

Untuk itu, instansi teknis yang menangani hal ini diharapkan peka terhadap situasi yang berkembang. (*)

Editor : Timoteus Marten
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Disdukacapil Jayapura Keluarkan 150-200 E-KTP Tiap Hari