DKP Malut Targetkan Pendapatan Nelayan Rp4 Juta

share on:
Ilustrasi nelayan di Maluku Utara - IST
Ilustrasi nelayan di Maluku Utara – IST

Ternate, Jubi – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Maluku Utara menargetkan pendapatan nelayan di daerah ini minimal bisa mencapai Rp4 juta per bulan agar mereka bisa hidup lebih sejahtera.

“Pendapatan nelayan di daerah kita selama ini masih rendah, bahkan untuk nelayan tradisional masih dibawah Rp2 juta per bulan. Tetapi kami telah menyiapkan berbagai program agar pendapatan mereka bisa mencapai minimal Rp4 juta per bulan,” kata Kepala DKP Maluku Utara (Malut), Buyung Radjiloen, di Ternate, Selasa (30/8/2016).

Program untuk meningkatkan pendapatan nelayan di Malut di antaranya dengan melakukan bantuan sarana penangkapan memadai kepada nelayan, seperti kapal dan peralatannya, modal usaha serta peningkatan keterampilan.

Selain itu, kata Buyung Radjiloen, DKP Malut terus mengupayakan masuknya investor untuk menggarap potensi perikanan, yang dalam aktivitas usahanya melibatkan langsung nelayan setempat.

DKP Malut juga telah mengusulkan ke pemerintah pusat untuk menjadikan Malut lumbung ikan nasional, sehingga dalam pemanfaatan potensi perikanan di daerah ini akan mendapat dukungan dari pemerintah pusat, dan pada gilirannya akan berimbas pada peningkatan pendapatan nelayan.

DKP Malut juga mendukung Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang membantu meringankan biaya operasional nelayan, khususnya bahan bakar dengan bantuan alat pemanfaatan bahan bakar gas.

Namun, bantuan tersebut, lanjutnya harus pula disertai dengan penyediaan infrastruktur pengisiaan bahan bakar gas, karena sampai saat ini di Malut belum ada infrastruktur seperti itu.

“Infrastruktur pengisian bahan bakar gas harus disiapkan di setiap daerah, kalau hanya disiapkan di ibu kota kabupaten maka pasti akan menyulitkan nelayan, mengingat banyak nelayan di Malut berada di pulau-pualau yang jauh dari ibu kota kabupaten,” katanya.(*)

Editor : Zely Ariane
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  DKP Malut Targetkan Pendapatan Nelayan Rp4 Juta