Ini Kata Mereka untuk HUT 15 Tahun Jubi

share on:
Ilustrasi - Jubi
Ilustrasi – Jubi

Tanggal 31 Agustus 2016 ini Jubi berulang tahun yang ke 15. Bukan perkara mudah mempertahankan sebuah media lokal dengan sumberdaya lokal selama 15 Tahun ditengah perkembangan media yang sangat pesat dan persaingan yang semakin ketat.

Tapi inilah Jubi, Jujur Bicara. Media alternatif yang didirikan oleh Foker LSM Papua, Yayasan Pengembangan Masyarakat Desa (YPMD), Perkumpulan terbatas untuk Pengkajian dan Pemberdayaan Masyarakat Adat Papua (pt.PPMA-P) dan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Rakyat (eLPERA) masih eksis hingga hari ini menyampaikan informasi pada publik. Jatuh bangun selama 15 tahun membuat Jubi semakin dewasa, matang dan bijak dalam menerapkan prinsip jurnalisme yang professional dan patuh pada etika.

Terbit pertama kali sebagai Tabloid Dua Mingguan, Jubi sempat menerbitkan majalah bulanan. Namun tak lama. Lalu seiring perkembangan teknologi, Jubi mengarungi dunia online dengan domain tabloidjubi.com. Kini tabloidjubi.com menjelma menjadi media online nomor 1 di Tanah Papua. Menjadi konsumsi masyarakat luas. Tak hanya di Tanah Papua, pembaca Jubi merambah hingga Pasifik, Australia, Eropa dan Amerika Serikat, selain pembaca dari kawasan Indonesia. Seperti kata salah satu penggagas Jubi, Decky Alexander Rumaropen : Intinya ada unsur transparansi dan Jubi lahir untuk memberikan pendidikan di Papua bagi orang asli Papua maupun non Papua dan masyarakat lainnya untuk saling berinteraksi.

Untuk melayani pembaca di kampung-kampung, yang tidak bisa mendapatkan akses internet, sejak tahun 2014 Jubi terbit dalam format mini koran setiap hari. Inilah bentuk dedikasi dan loyalitas Jubi untuk rakyat Papua.

Memperingati 15 Tahun Jubi, para pejabat publik yang selama ini menjadi mitra Jubi menyampaikan ucapan Selamat Ulang Tahun untuk Jubi

Gubernur Papua Lukas Enembe
“Selamat Ulang Tahun ke-15 untuk Jubi. Semoga Jubi semakin baik dan memberitakan berita berita yang positif bagi masyarakat Papua.”

Ketua DPR Papua Yunus Wonda
“Diusia yang ke 15 saya harapkan Jubi semakin matang. Terus memberikan informasi-informasi yang akurat dan berimbang. Mengangkat berbagai realita di masyarakat yang selama ini tak terpantau berbagai pihak dan bisa mengakomodir berbagai keluhan, saran dan masukan masyarakat kepada para pemangku kepentingan.”

Penjabat Wali Kota Jayapura, Daniel Pahabol
“Jubi tingkatkan kinerjanya, proaktif dalam menampung semua aspirasi masyarakat Papua untuk dipublikasikan. Saya sebagai penjabat akan memberikan motivasi dan dorongan. Tingkatkan kinerja sebab pemerintah akan bergandengan terus dengan Jubi. Selamat ulang tahun ke-15 untuk Jubi. Teruslah berkarya untuk memberitakan Papua secara global, baik dari sisi pedidikan, kesehatan, sosial, politik maupun budaya. Semua media di Papua pun harus melakukan hal yang sama seperti Jubi; menyampaikan informasi yang benar kepada masyarakat,”

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw
“Koran Jubi termasuk berani, seperti sifat Jubi itu sendiri dalam memberitakan segala sesuatu yang terjadi di Papua pada umumnya dan kususnya di Kabupaten Jayapura. Koran Jubi memberitakan apa adanya tanpa batas dan berdasarkan fakta yang terjadi. Persoalan forum pasifik, hanya Koran Jubi yang berani memberitakannya, karena informasi ini sangat penting bagi masyarakat kita. Selain itu juga situasi di Papua pada umumnya harus diketahui seluruh lapisan masyarakatnya, Hal-hal seperti ini yang penting bagi kita semua untk mengetahuinyaseperti ini harus dipertahankan.”  (*)

Editor : Kyoshi Rasiey
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Ini Kata Mereka untuk HUT 15 Tahun Jubi