Warga Fiji Temukan Bangkai Pesawat Diduga MH370

share on:

Suva, Jubi – Warga pesisir di pulau Munia, Fiji kembali menemukan satu bongkahan bangkai pesawat di perairan lepas pulau tersebut. Diduga, bangkai tersebut adalah bagian dari pesawat milik maskapai Malaysia Airlines MH370 yang mengalami kecelakaan dan hilang pada tahun 2014 lalu. 

Potongan bangkai pesawat yang ditemukan diduga pesawat MH370/ The Fiji Sun
Potongan bangkai pesawat yang ditemukan diduga pesawat MH370/ The Fiji Sun

Bongkahan bangkai pesawat tersebut langsung dibawa ke ibukota Fiji, Suva untuk diteliti.

Perdana Menteri Fiji, Voreqe Bainimarama langsung mengunjungi lokasi bongkahan pesawat tersebut di Suva.

Ia telah memerintahkan agar staf yang bertugas, Kapten Isireli Tagivakatini segera mengirimkan foto bangkai pesawat tersebut dan mengirimkannya ke kantor Malaysia Airlines di Australia untuk diteliti lebih lanjut. Dengan demikian, bongkahan bangkai pesawat ini adalah bangkai kedua yang ditemukan di Munia.

Warga desa saat ini sangat penasaran dengan asal-usul keterkaitannya dengan pesawat milik Malaysia Airlines yang hilang di selatan Samudera Hindia.

Bongkahan bangkai pertama ditemukan pada tahun 2014 di daerah sekitar pulau Munia yang tak berpenghuni atau Vanuabalavu. Salah seorang warga desa setempat, Simeli Batibula menyampaikan kepada Fiji Sun  bahwa mayoritas warga desa telah melihat bangkai pesawat tersebut yang bergaris merah dan biru.

Bongkahan bangkai pesawat itu ditemukan bertepatan dengan awal mula pencarian pesawat dilakukan. Namun, bongkahan pertama itu tidak sempat dikirim ke Suva dan akhirnya hilang di pulau. Menurut Batibula, ciri-ciri bongkahan yang sekarang ditemukan itu sangat mirip dengan yang ia lihat dua tahun lalu di perairan yang sama.

Pesawat MH370 dikabarkan hilang pada Maret 2014. Pesawat ini terakhir kali melakukan kontak dan terdeteksi radar di selatan Samudera Hindia setelah sebelumnya terdeteksi di atas perairan Laut China Selatan. Saat terbang, MH370 membawa 227 penumpang dan 12 awak pesawat dengan rute Kuala Lumpur ke Beijing. (*)

Editor : Lina Nursanty
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Warga Fiji Temukan Bangkai Pesawat Diduga MH370