Pemkab Jayapura Tetap Lakukan Perekaman E-KTP

share on:

Situasi pengurusan e-KTP di kantor Disdukcapil Kabupaten Jayapura - Jubi/Engel Wally
Situasi pengurusan e-KTP di kantor Disdukcapil Kabupaten Jayapura – Jubi/Engel Wally
Sentani, Jubi – Meski batas akhir pencetakan e-KTP secara nasional pada bulan September, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Jayapura tetap melakukan perekaman.

“Nanti batas waktu yang ditentukan kita hentikan untuk pencetakkan e-KTP-nya. Namun khusus untuk perekamannya tetap berjalan seperti biasa,” kata Kepala Disdukcapil Kabupaten Jayapura Alberth kepada Jubi di Sentani, Rabu (31/8/2016).

Ia melanjutkan hal itu memang sudah dievaluasi secara nasional di Pekanbaru. Oleh karena itu, pihaknya masih menunggu kesepakatan apakah ada kerja sama dengan pemerintah daerah atau tidak. Masih banyak daerah yang belum menyelesaikan perekaman.

“Kita sedang menunggu apa hasil evaluasi tersebut yang akan dikirim kepada kami di Kabupaten Jayapura. Apakah kita bekerja sendiri atau bekerja sama dengan daerah lain terkait perekamannya,” katanya.

Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri RI, Zudan Arif Fakrullah di Jakarta, Kamis pekan lalu seperti diberitakan media nasional mengatakan batas akhir perekaman e-KTP hingga 30 September 2016. Jikapun ada penduduk yang belum merekam hingga tenggat waktu tersebut maka datanya dinonaktifkan.

“Tindakan ini diambil agar menjadikan penduduk Indonesia tertib,dikarenakan perpanjangan waktu yang diberikan Kemendagri masih ada 22 juta penduduk Indonesia yang tercatat belum merekam data untuk e-KTP. Hal ini seperti termuat pada Peraturan Presiden Nomor 112 Tahun 2013 telah dinyatakan bahwa mulai 1 Januari 2015 semua penduduk Indonesia harus sudah memiliki e-KTP,” katanya. (*)

Editor : Timoteus Marten
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pemkab Jayapura Tetap Lakukan Perekaman E-KTP