Tim Verifikasi KTP Pilkada Sorong Temukan Dua WN Filipina Pakai KTP Indonesia

share on:
Ilustrasi e-KTP
Ilustrasi e-KTP

Sorong, Jubi – Dua warga negara Filipina ditemukan menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Indonesia Kota Sorong, Provinsi Papua Barat, oleh tim verifikasi KTP calon perseorangan Pilkada Sorong 2017.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Sorong, Abubakar Alhamid di Sorong, Selasa (30/8/2016), mengatakan KTP yang digunakan dua warga negara Filipina tersebut adalah KTP palsu.

Ia menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah mengeluarkan KTP kepada warga negara asing sehingga jika ada warga negara asing yang menggunakan KTP itu ilegal.

“Hal yang sama pernah terjadi satu tahun lalu di mana pihak DKP menemukan nelayan asal Filipina menggunakan KTP Kota Sorong Ilegal dan langsung dipulangkan,” katanya.

Selain KTP, kata dia, pernah ditemukan pula surat nikah palsu yang dibuat oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab kepada warga negara asing atas nama Disdukcapil Kota Sorong.

Ia menyampaikan, KTP dua warga Filipina tersebut tidak terdaftar dalam data base penduduk Kota Sorong. Stempel dan tanda tangan kepala dinas adalah hasil scan bukan asli.

“Diduga KTP itu dibuat oleh oknum-oknum tertentu yang memanfaatkan pegawai Kelurahan di luar sistem data base dinas,” ujar dia pula.

Dikatakan, dua warga negara asing tersebut dapat di deportasi ke negara asalnya oleh pihak Imigrasi karena mereka bukan penduduk asli Indonesia. (*)

Editor : Kyoshi Rasiey
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Tim Verifikasi KTP Pilkada Sorong Temukan Dua WN Filipina Pakai KTP Indonesia