Konsulat Amerika Kunjungi Disdukcapil Kota Jayapura

share on:

Kepala Disdukcapil Kota Jayapura, Merlan S. Uloli (kiri) ketika memberikan cenderamata kepada perwakilan konsulat Amerika untuk Indonesia, Jefry Down – Jubi/Hengky Yeimo
Kepala Disdukcapil Kota Jayapura, Merlan S. Uloli (kiri) ketika memberikan cenderamata kepada perwakilan konsulat Amerika untuk Indonesia, Jefry Down – Jubi/Hengky Yeimo
Jayapura, Jubi – Perwakilan konsulat Amerika untuk Indonesia Jefry Down mengunjungi Dinas Kendudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Jayapura untuk melihat masalah pemalsuan dokumen yang sering dilakukan turis asing ke Kota Jayapura.

Ia mengatakan kunjungan tersebut merupakan program yang sudah lama dijalankan.

Menurut dia pihaknya menemukan banyak turis asing yang memalsukan dokumen untuk berkunjung dari satu daerah ke daerah lainnya di Indonesia.

“Kami temukan di banyak tempat dengan jumlah yang banyak. Itu ditemukan dari tahun ke tahun, ada-ada saja yang memalsukan akte kelahirannya, kemudian surat keluarganya,” katanya di Jayapura, Kamis (1/9/2016).

Pihaknya akan melakukan training kepada Disdukcapil dan bekerja sama dengan kepolisian setempat bagaimana mendeteksi masuknya orang-orang yang menggunakan paspor palsu ke Papua.

Kepala Disdukcapil Kota Jayapura Merlan S. Uloli mengatakan konsulat Amerika melakukan peninjauan untuk kembali ke Jakarta. Selanjutnya akan disampaikan pada pimpinan dan melakukan pelatihan imigrasi Disdukcapil dengan kepolisian dan institusi terkait.

Pihaknya pun akan bekerja sama dengan imigrasi untuk memantau WNA yang masuk ke Papua dengan dokumen palsu.

“Kalau mau urus visa itu harus ada persyaratan utama yang harus dimiliki para imigran. Sementara persayaran akte kelahiran KTP dan Surat Keluarga itu yang kami keluarkan kepada imigran,” kata Merlan Uloli. (*)

Editor : Timoteus Marten
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Konsulat Amerika Kunjungi Disdukcapil Kota Jayapura