Pansus Mbua Upayakan Anggaran Dari APBD Provinsi

share on:
Ilustrasi Salah satu ayah pegang gendong anaknya meninggal dunia di Mbuwa, Nduga - IST
Ilustrasi Salah satu ayah pegang gendong anaknya meninggal dunia di Mbuwa, Nduga – IST

Jayapura, Jubi – DPR Papua akan berupaya mendorong anggaran dari APBD Provinsi Papua untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Distrik, Mbua dan dua distrik lainnya di Kabupaten Nduga, pasca meninggalnya puluhan anak di wilayah itu akhir tahun lalu.

Ketua Pansus Mbua DPR Papua, Natan Pahabol mengatakan, pasca kejadian DPR Papua membentuk Pansus untuk turun ke lapangan. Selain mengumpulkan berbagai data dan informasi dari masyarakat, Pansus juga mendengar apa keinginan masyakat Mbua dan dua distrik lainnya. Permintaan masyarakat ketika itu diantarnya, ingin ada air bersih, listrik dan rumah layak huni.

“Kami sudah sampaikan berbagai permintaan masyarakat ke pihak terkait. Kami akan melihat mana yang menjadi tanggungjawab pemerintah kabupaten, provinsi dan pemerintah pusat. Kami akan berupaya mendorong agar ada anggar dalam APBD perubahan Provinsi Papua tahun ini atau APBD Induk 2017 mendatang untuk Mbua,” kata Natan Pahabol kepada Jubi, Kamis (1/9/2016).

Menurutnya, tugas Pansus Mbua yang dibentuk DPR Papua menindaklanjuti apa yang dibutuhkan dan keinginan masyarakat ke pemerintah kabupaten, provinsi dan pusat.

“Sudah beberapa bulan kejadian di Mbua berlalu. Namun belum ada tindaklanjut apa yang kami sudah rekomendasikan ke berbagai pihak terkait sesuai kebutuhan dan keinginan masyarakat,” ucapnya.

Katanya, awal pekan lalu, Pansus Mbua melalukan pertemuan dengan berbagai pihak untuk menyampaikan hasil kerja tim di lapangan. Tak hanya SKPD terkait di lingkungan Pemprov Papua semisal Dinas Kesehatan, namun juga kepada Unit Percepatan Pelayanan Kesehatan Papua (UP2KP) serta Bupati Nduga, Yarius Gwijangge.

“Pertemuan itu juga dihadiri Ketua DPR Papua, Yunus Wonda. Kami menyampaikan hasil temuan kami agar rekomendasi yang kami berikan bisa ditindaklanjuti,” katanya.

Sementara Ketua DPR Papua, Yunus Wonda mengatakan, tugas Pansus Mbua adalah mengembalikan rasa percaya masyarakat kepada pemerintah dan bisa menjawab kebutuhan masyarakat.

“Kini masyarakat Mbua butuh perumahan atau rumah layak huni, air bersih, listrik, jalan, Puskesmas dan beberpa lainnya. Makanya Pansus Mbua DPR Papua menindaklanjuti itu minimal bisa dimasukkan dalam anggaran APBD Induk 2017,” kata Wonda. (*)

Editor : dominggus
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pansus Mbua Upayakan Anggaran Dari APBD Provinsi