Papua Disasar untuk Pembangunan Unit Pengolahan Ikan

share on:
Unit Pengolahan Ikan di Jawa Timur/Ilustrasi - IST
Unit Pengolahan Ikan di Jawa Timur/Ilustrasi – IST

Jayapura, Jubi – Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) mendukung rencana Menteri Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, menggeser Unit Pengolahan Ikan (UPI) ke luar Pulau Jawa, seperti Sulawesi, Kalimantan dan Papua.

Hal itu dikemukakan Wakil Ketua Umum Kadin Kawasan Timur Indonesia, H.Andi Rukman Karumpa, di Solo, Kamis (1/9/2016), berdasarkan keterangan persnya kepada Jubi. “Kadin sangat mendukung. Sebab ini positif bagi kawasan timur yang berlimpah bahan baku tapi minim industrilisasi,” ujar Andi.

Rencana Menteri Susi tersebut dilandasi pertimbangan selama ini UPI banyak diarahkan ke Pulau Jawa karena sebagian besar kapal penangkap ikan berasal dari wilayah Indonesia bagian barat. Namun rencana penggeseran UPI ke wilayah Kawasan Timur Indonesia (KTI) itu dinilai tepat karena dekat dengan sumber bahan baku.

Kadin merespon positif kebijakan tersebut karena menurut Andi, itu akan mengangkat perekonomian kawasan timur yang selama ini sangat tertinggal. “Tidak hanya itu, karena secara keekonomian dan bisnisnya juga feasible sebab bahan bakunya di KTI, juga efisien dari transportasi dan logistik,” kata Andi.

Namun Andi juga mengakui ada hambatan terkait ketersediaan pasokan listrik. Namun soal listrik ini, kawasan Sulawesi sudah lebih mumpuni. “Ketersediaan listrik, utamanya di Sulawesi Selatan sudah cukup dan sekitarnya tidak masalah,” ujar dia. Andi berharap, ketersediaan listrik ini dapat dicukupi melalui Inpres yang sudah dikeluarkan pemerintah.

Kementerian Perikanan menyebutkan jumlah UPI di seluruh Indonesia mencapai 718 unit. Lebih dari 60% unit pengolahan ikan itu berada di Jawa.

Kementerian akan memulai dengan membangun empat pengolahan ikan skala besar dengan kapasitas 3.000 ton, tujuh UPI berskala menengah 1.000 ton, tiga UPI berskala kecil 500 ton, sepanjang 2016—2019.(*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Papua Disasar untuk Pembangunan Unit Pengolahan Ikan