Pemprov: Kehadiran Universitas Terbuka Banyak Membantu Papua

share on:
Suasana Wisuda Universitas Terbuka Jayapura - Jubi/Alex
Suasana Wisuda Universitas Terbuka Jayapura – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Pemerintah Provinsi Papua menilai kehadiran Universitas Terbuka (UT) telah banyak membantu mendukung program prioritas pemerintah, salah satunya dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

“Saya sambut baik keberadaan UT yang telah hadir di tengah masyarakat Papua, khususnya masyarakat di Pedalaman Papua, terutama dalam peningkatan kualitas guru dan kekurangan guru sekolah dasar di daerah-daerah terpencil,” kata Asisten Bidang Umum Sekretariat Daerah Provinsi Papua Elysa Auri saat acara wisuda lulusan UPBJJ-UT Jayapura 2016, di Jayapura, Kamis (1/9/2016).

Menurut Auri, persoalan pendidikan di Papua sangat berat dan komprehensif, sehingga harus ditangani bersama dengan melibatkan semua pihak, termasuk Universitas Terbuka.

“Ini untuk mencapai pembangunan pendidikan menuju Papua bangkit, mandiri dan sejahtera,” ucapnya.

Kepala Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Universitas Terbuka Sardjiyo, mengatakan, jumlah mahasiswa dan mahasiswi yang diwisudakan 356 orang. Sebanyak 42 orang dari pasca sarjana (MM), 263 orang dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 21 orang dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), 11 orang dari Fakultas Ekonomi, dan 1 orang dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Hingga 2016 UT Jayapura telah meluluskan 7.271 orang yang tersebar di sejumlah kabupaten di Papua. Dengan lulusan sebanyak itu, katanya, masyarakat Papua tidak perlu ragu untuk memanfaatkan kehadiran Universitas Terbuka, sebab kualitasnya terjamin.

“Tenaga pengajar di UT dari Universitas Cenderawasih, meski hanya perbedaan cara mengajar karena mahasiswa belajar melalui modul, artinya mahasiswa dipaksa untuk mandiri dalam proses belajar-mengajar, bahkan mencari informasi lewat internet, sehingga tidak diragukan kualitasnya,” ucapnya. (*)

Editor : Syofiardi
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pemprov: Kehadiran Universitas Terbuka Banyak Membantu Papua