PM Samoa: Makanan Impor Sebabkan Masalah Kesehatan

share on:

Apia, Jubi – Perdana Menteri Samoa, Tuilaepa Sailele Malielegaoi memperingatkan bahaya makanan impor yang membanjiri kepulauan Samoa. Makanan-makanan tersebut diduga sebagai penyebab banyaknya gangguan kesehatan yang diderita warga Samoa. 

Perdana Menteri Samoa, Tuilaepa Sailele/ RNZI
Perdana Menteri Samoa, Tuilaepa Sailele/ RNZI

Lebih lanjut, Tuilaepa menilai bahwa ketahanan pangan di Pasifik sudah semakin terancam.

Banyak penduduk yang pindah ke perkotaan dan mengonsumsi makanan-makanan impor yang murah dan tidak bergizi.

Hal itu dikatakan Tuilaepa dalam konferensi Agribisnis yang dihadiri oleh para petani, pengusaha restoran, dan pemilik hotel.

“Konsumsi buah-buahan dan sayuran sangat rendah sehingga penyakit malnutrisi meluas dan menyebabkan banyak penyakit bawaan lahir,” katanya.

Pembahasan dalam konferensi itu juga fokus pada pembangunan pasar lokal bagi kemajuan pertumbuhan ekonomi dan perbaikan nutrisi serta ketahanan pangan.

Konferensi tersebut diselenggarakan dua bulan setelah organisasi kesehatan dunia (WHO) melaporkan bahwa negara-negara kepulauan Pasifik menduduki peringkat terburuk dalam hal malnutrisi penduduk.

Negara kepulauan Pasifik terdiri dari 8 – 10 negara dengan tingkat prevalensi obesitas pada orang dewasa yang sangat tinggi. Negara Palau menduduki peringkat teratas dalam soal ini, karena 80 persen penduduknya mengalami obesitas.

Tingginya angka malnutrisi dan penyakit obesitas ini juga dipengaruhi oleh rendahnya tingkat pendidikan penduduk di kawasan ini. Staf di lembaga Nutrisi dan Diabetes di Papua Nugini, Helen Palik mengatakan, terutama pendidikan tentang makanan yang sangat sulit didapat oleh penduduk.

Ia menilai faktor ini berperan penting dalam menyumbang tingginya masalah malnutrisi di Pasifik. Lebih jauh lagi, isu ketahanan pangan di Pasifik sesungguhnya juga terkait dengan rendahnya pendidikan.

Negara-negara Pasifik dikenal dengan tingginya angka penderita diabetes. Baru-baru ini, Fiji dan Vanuatu mulai mengampanyekan konsumsi makanan lokal demi perbaikan gizi masyarakatnya. Pemerintah Fiji menggelar pelatihan berladang agar masyarakat kembali ke ladang menyediakan makannya sendiri ketimbang membeli makanan impor. (*)

Editor : Lina Nursanty
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PM Samoa: Makanan Impor Sebabkan Masalah Kesehatan