Luhut Minta Polemik Arcandra Soal Freeport Dihentikan

share on:
Keputusan mantan Menteri ESDM, Arcandra Tahar, terkait ekspor konsentrat Freeport masih berlanjut - merdeka.com
Keputusan mantan Menteri ESDM, Arcandra Tahar, terkait ekspor konsentrat Freeport masih berlanjut – merdeka.com

Jakarta, Jubi – Pelaksana Tugas (Plt) Menteri ESDM Luhut Binsar Panjaitan meminta publik hentikan polemik yang mengaitkan Arcandra Tahar dalam pemberian rekomendasi perpanjangan izin ekspor konsentrat PT Freeport Indonesia.

Seperti dilansir Antara, Kamis (1/9/2016), dalam rapat kerja dengan Komisi VII DPR RI di Jakarta, Luhut menjelaskan persetujuan perpanjangan izin ekspor konsentrat Freeport itu dikeluarkan mengacu pada peraturan menteri sebelumnya, yakni Sudirman Said.

“Jadi sudah ada aturannya. Pak Menteri waktu itu (Arcandra) kalau sudah penuhi syarat ya silakan,” ujarnya.

Luhut juga menegaskan perpanjangan izin ekspor konsentrat mineral telah dilakukan selama lima kali berturut-turut oleh Dirjen Minerba.

“Saya tidak ingin polemik ini diputarlanjutkan lagi. Karena keadaannya mungkin yang bersangkutan tidak ada pilihan. Sudahlah yang lewat, biarkan lewat,” tutupnya.

Namun, Laurenzus Kadepa, Legislator Papua, sejak awal menduga ada skenario dibalik penunjukan Archandra Tahar sebagai Meteri ESDM.

“Menurut saya ini skenario agen-agen Amerika, Freeport yang selama ini berdiam di Indonesia. Ini agar Freeport bisa cepat mengekspor kosentrat. Saya menduga Freeport ikut bermain dalam hal ini. Apalagi mereka akan alami penurunan pendapatan jika tak diijinkan mengekspor kosentrat,” kata Kadepa kepada Jubi pekan lalu.(*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Luhut Minta Polemik Arcandra Soal Freeport Dihentikan