DPRD Merauke Minta Guru 3T Diperbanyak

share on:
Ilustrasi program Guru Garis Depan (GDD) - IST
Ilustrasi program Guru Garis Depan (GDD) – IST

Merauke, Jubi – Anggota DPRD Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Moses Yeremias Kaibu mengharapkan penempatan guru terdepan, terluar dan tertinggal (3T) di Kabupaten itu diperbanyak. Sebab ada sejumlah sekolah di pinggiran ibu kota kabupaten yang kekurangan tenaga pengajar.

“Sangat luar biasa, karena mereka cukup membantu, kita lihat anak-anak yang tidak bisa membaca, ketika ada guru 3T anak-anak sudah bisa membaca, tapi ketika guru 3T ini pergi pembelajaran di sekolah kembali dari nol lagi,” kata Moses di Merauke, Kamis (1/9/2016).

Keberadaan guru 3T di Kabupaten Merauke, kata dia, hanya satu tahun dan tidak bisa dipertahankan pemkab, sebab mereka harus kembali lagi ke daerah asal jika masa magang telah selesai.

Untuk mengantisipasi kekosongan guru di sekolah, ia mengharapkan pemerintah provinsi membangun koordinasi dengan Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura, Papua agar memanfaatkan tenaga mahasiswa D-2 dan D-3.

“Kita punya mahasiswa dari Uncen ini disebar di daerah sehingga anak-anak kita tidak dikorbankan,” katanya.

Dari hasil perjalanan reses ke daerah pemilihan empat di Merauke, katanya, proses belajar-mengajar khusus di salah satu SMP di Distrik Tabonji, hanya dibantu seorang guru honor yang adalah istri babinsa.

“Di Distrik Kimam, SD Impres Kiworo dibantu dua guru honor dan satu guru PNS, kemudian SD YPPK Kimam, tidak ada guru yang mengajar, yang mengajar hanya suster dengan ibu pendeta,” katanya.

Menurut Moses, guru di Merauke sudah cukup banyak, namun belum dibagi secara merata. Satu hal menyebabkan guru tidak berada di tempat tugas karena diharuskan bersertifikasi sehingga dari pedalaman guru turun ke kota untuk melanjutkan pendidikan S-1.

“Kami sudah bicara dengan Dinas Pendidikan untuk pembagian guru, namun itu diputuskan bupati dan kami masih menunggu kebijakan bupati,” katanya. (*)

Editor : Syofiardi
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  DPRD Merauke Minta Guru 3T Diperbanyak