Stok Bahan Makanan Jayapura Dipastikan Aman

share on:
Ilustrasi stok beras - kedaide.com
Ilustrasi stok beras. – kedaide.com

Jayapura, Jubi – Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Jayapura memastikan stok bahan pokok yang ada kini dalam keadaan aman, meskipun di daerah produksi sedang dilanda kemarau.

“Sebanyak 80 persen barang di kota ini masih dari luar daerah, memang dari informasi BMKG kini wilayah Indonesia memasuki musim kemarau, namun sampai sekarang ketersediaan pangan relatif aman,” ujar Kepala Disperindagkop Kota Jayapura Robert Awi, di Jayapura, Kamis (1/9/2016).

Menurutnya, para distributor di Kota Jayapura telah memiliki stok yang cukup dan pendistribusian barang juga tidak menemui kendala berarti.

“Kami harapkan hal ini dapat terus berlangsung walaupun sentra produksi kami memasuki musim kemarau, laporan dari distributor, stok dalam keadaan aman dan pemesanan maupun distribusi barang masih berjalan baik,” katanya.

Ia yakin stok sampai satu bulan ke depan aman. Para distributor per minggu mendatangkan barang sesuai dengan stok barang yang mereka laporkan kepada Disperindagkop. Dengan kondisi tersebut, perputaran barang dan uang sangat cepat serta kelangkaan barang yang dikhawatirkan kemungkinan agak sulit terjadi.

Bahkan menurutnya kepastian yang diberikan para distributor bukan hanya untuk Kota Jayapura, melainkan kabupaten lain yang titik distribusinya berada di ibu kota Provinsi Papua ini.

“Stok di kota sudah sangat mencukupi karena sebagian bukan hanya untuk kebutuhan kota, tetapi juga untuk beberapa kabupaten lain,” ujarnya.

Awi mempertegas bahwa Disperindagkop sudah menyiapkan rencana cadangan bila akhirnya terjadi kekurangan stok pada beberapa komoditas yang fluktuatif harganya.

“Untuk komoditas tertentu kami masih tetap pada bahan-bahan yang fluktuasinya tinggi, seperti cabai, bawang, dan kentang, itu yang stoknya tersedia di Disperindagkop, jadi ketika ada kenaikan harga pada komoditas tersebut kami siap lepas stok kami ke pasar,” katanya.(*)

Editor : Syofiardi
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Stok Bahan Makanan Jayapura Dipastikan Aman