BPKAD Tolikara Sosialisasi Standarisasi Harga Barang dan Jasa

share on:
Ilustrasi barang dan jasa - IST
Ilustrasi barang dan jasa – IST

Tolikara, Jubi – Sosialisasi penyusunan standarisasi harga satuan barang dan jasa 2017 sekaligus penyusunan analisa standar belanja 2017 Kabupaten Tolikara tahun anggaran 2016 digelar Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Tolikara (BPKAD) yang diikuti 78 peserta dari masing-masing SKPD, beberapa waktu lalu.

Kepala Inspektur Daerah, Tepius Yikwa, mengatakan sosialisasi satuan harga ini sangat penting bagi pemerintah kabupaten, “karena penyusunan RKA (Rencana Kerja Anggaran) dari setiap SKPD Tolikara harus berpedoman pada standar tersebut agar proses penyusunan RKAdapat  lebih efisien,ekonomis, dan efektif,” ujarnya

Standar satuan harga barang dan jasa merupakan harga satuan setiap unit barang/jasa yang berlaku di suatu daerah, yang harus ditetapkan dengan keputusan Bupati.

Selain penyusunan standar satuan harga, lanjutnya, kegiatan tersebut juga untuk menyusun Dokumen Analisa Standar Belanja yang dijadikan dasar untuk menyusun program dan kegiatan satuan kerja.

Aron Simanjuntak,SE,M.Si.Ak dari Pusat Studi Perencanaan dan Kebijakan Publik Universitas Cenderawasih menghimbau agar setiap SKPD di lingkungan pemerintah Kabupaten Tolikara bisa menyusun RKA dengan.

“Karena itu kami terus mendorong penyusunan dokumen ini setiap tahunnya agar semua program dan pelaksanaan pembangunan fisik dan non fisik di Tolikara berjalan lancar efektif dan efisien,” ujarnya.(Derwes Yikwa).

Editor : Zely Ariane
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  BPKAD Tolikara Sosialisasi Standarisasi Harga Barang dan Jasa